Rabu, 10 Juli 2013

Dosis Tinggi Vitamin Ternyata Perpanjang Umur

TEMPO.CO, Jakarta - Mengonsumsi suplemen vitamin dalam dosis tinggi bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Uji coba yang dilakukan oleh para ilmuwan menunjukkan, tikus yang diberi vitamin C dan E dosis tinggi memiliki penurunan tingkat harapan hidup hingga 25 persen.

"Penemuan yang dipublikasikan dalam Biology Letters ini menimbulkan pertanyaan tentang manfaat suplemen," tulis Daily Mail, Senin, 8 Juli 2013. Pasalnya, kebutuhan tubuh akan vitamin tidak sebanyak takaran yang terkandung dalam suplemen yang dijual di pasaran.

Tubuh manusia tidak bisa membuat dan menyimpan vitamin C. Oleh sebab itu, tubuh harus mendapat pasokan vitamin dari buah dan sayuran. Faktanya, tubuh hanya membutuhkan sekitar 40 mg vitamin C sehari untuk menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan untuk mempercepat proses penyembuhan jaringan yang rusak.

Begitu pula dengan vitamin E. Dalam sehari, seorang pria hanya memerlukan 4 mg dan wanita membutuhkan 3 mg untuk membantu menjaga struktur sel. Vitamin ini dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, dan sereal.

Namun, kenyataannya, suplemen vitamin yang tersedia di pasaran mengandung hingga seratus kali jumlah kandungan yang dibutuhkan tubuh. Dosis tinggi vitamin, biasanya hanya disarankan untuk memperlambat proses penuaan sel dengan mengurangi kerusaka protein, lipid, dan DNA.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan, kelangsungan hidup tikus dapat diperpanjang dengan memberikan suplemen. Namun, kelangsungan hidup tikus justru akan semain pendek saat diberi tambahan suplemen vitamin.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen vitamin, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter. Mungkin saja kita tidak membutuhkan suplemen tersebut. Pasalnya, dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin, seperti buah dan sayur, kebutuhan vitamin tubuh sudah terpenuhi.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA

Berita Terpopuler
Hasil SBMPTN Diumumkan Pukul 17.00 Hari Ini 
Diperiksa Tiga Jam, Maharani Hanya 'Permisi' 
Suap Daging Impor, KPK Kembali Periksa Maharani
Beruang Salju Ini Hentikan Laju Kapal Raksasa 
KPK Lebih Percaya Yulianis Ketimbang Nazaruddin

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/09/060494736/Dosis-Tinggi-Vitamin-Ternyata-Perpanjang-Umur