Sabtu, 13 Juli 2013

Diare Mampet dengan Buah Manggis

BEBERAPA buah yang sering Anda makan ternyata tak hanya nikmat di lidah, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Salah satu gangguan kesehatan yang bisa teratasi ialah diare.

Ya, ada buah yang mengobati keluhan kesehatan secara khusus, antara lain ialah jambu biji dan juga manggis. Kedua buah tersebut sanggup membantu penyembuhan diare dan sembelit. Bila Anda ingin mengobati sembelit dengan buah jambu, Anda harus memanfaatkan jambu biji yang masih kecil, sedangkan untuk manggis harus kulitnya saja. Dari sisi manfaat, kedua buah itu bisa mengatasi diare, kendati memiliki kandungannya masing masing, seperti jambu biji dengan tanin dan kulit manggis dengan Mangostinyang mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan.

"Kandungan tanin pada buah jambu biji bisa membantu keluhan diare seseorang berhenti, dimana dengan rasa sepat yang Anda rasakan itu membuat tinja Anda merekat. Sehingga tak ada lagi kontraksi dalam perut, ataupun bolak balik ke kamar mandi," ucap Tjok Gde Kerthyasa seorang praktisi Homeopathy dengan Okezone dalam acara bertema Puasa Sehat Cara Herbal Bagi Keluarga Bersama Deltomed, di Restoran Bebek Bengil lantai 1, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Juli 2013.

Untuk cara pembuatannya, Tjok Gde menambahkan, Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa jambu biji yang belum matang lalu kemudian memotongnya sampai bagian kecil-kecil. Kemudian direbus dengan beberapa air dan garam secukupnya. Setelah itu tunggu sampai mendidih selama beberapa menit, lalu hasil rebusan disaring dan airnya diminum sebagai obat diare.

Sementara untuk pembuatan air manggis, Tjok Gde menambahkan, siapkan dua buah kulit manggis lalu dipotong-potong. Kemudian direbus dengan air secukupnya, yakni antara satu sampai dua gelas. Kemudian tunggu sampai mendidih, bila sudah dingin atau hangat saringlah sampai tersisi airnya saja. Setelah itu, tambahkan madu atau gula aren agar rasa pahitnya tak terlalu pekat.

"Air kulit manggis itu pahit, Jadi kalau Anda enggak kuat. Tambahkan saja madu atau gula aren, itu bisa memudahkan Anda meminumnya," terang Tjok Gde. (ind)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/12/484/836202/diare-mampet-dengan-buah-manggis