Sabtu, 27 Juli 2013

Beranda » » Di India lahir bayi berkepala dua

Di India lahir bayi berkepala dua

Washington (ANTARA News) - Bayi laki-laki di distrik Tonk, Rajasthan India terlahir dengan dua kepala, Rabu lalu, demikian dilansir cbsnews.

Kelahiran bayi tersebut secara medis dikenal dengan kondisi kembar siam parapagus dicefalis yang biasanya menimpa bayi perempuan atau bayi terlahir meninggal.

Bayi tersebut memiliki dua kepala, dua sistem saraf dan dua tulang belakang yang menyatu di pelvis.

Dia hanya punya satu set tulang rusuk  dan satu korset bahu. Tes lebih mendalam perlu dilakukan untuk melihat organ apa lagi yang mereka bagi atau yang menyatu.

Bayi kembar India dibawa ke Rumah Sakit JK Lone di Jaipur City. Dokternya mengatakan meski kondisinya serius tapi mereka mungkin bertahan.

Kasus terkenal lainnya bayi berkepala dua adalah Abigail and Brittany Hensel, gadis Amerika Serikat  yang kisahnya dijadikan serial televisi Abby & Brittany."

Kedua gadis tersebut tidak berbagi organ tapi hanya memiliki satu set tulang rusuk yang luas dengan dua tulang dada, dua pasang payudara, satu organ hati, satu set usus dan usus besar, tiga ginjal, satu kandung kemih, satu set organ reproduksi, satu panggul dan dua kaki.

Awal 2011 lalu, dua gadis usia 11 bulan di Sudan yang kepalanya menyatu berhasil dipisahkan. Kedua gadis itu merupakan kembar siam kraniopagus yang terjadi satu kali dalam 2,5 juta kelahiran.

Ahli bedah lain juga sukses memisahkan kepala kedua seorang bayi asal Dominika pada Februari 2004. Kepala kedua merupakan milik kembarannya yang hanya berisi sebagian otak berbentuk parsial, mata, telinga dan bibir. Namun, gadis itu kemudian meninggal karena komplikasi dari operasi.

Source : http://www.antaranews.com/berita/387493/di-india-lahir-bayi-berkepala-dua