Rabu, 31 Juli 2013

Beranda » » DHA dalam ASI Diklaim Tingkatkan Kecerdasan

DHA dalam ASI Diklaim Tingkatkan Kecerdasan

TEMPO.CO, Jakarta - Penelitian yang menghubungkan ASI dan kecerdasan buah hati telah lama dilakukan. Banyak bukti yang menyatakan, anak yang diberi ASI akan menjadi lebih cerdas dibandingkan dengan mereka yang tidak diberi ASI atau bahkan diberi susu formula. Namun, para peneliti tidak pernah mengetahui secara pasti mengapa ASI memiliki hubungan dengan kecerdasan si anak.

"Saya rasa tidak ada yang tahu jawaban dari pertanyaan itu," ucap Dr Mandy Belfort, dokter spesialis bayi baru lahir di Rumah Sakit Anak Boston, AS, kepada situs ABC News, Selasa, 30 Juli 2013. Ia berspekulasi, ASI mengandung nutrisi yang tak dikenal yang sangat baik bagi perkembangan otak.

Meskipun kandungan nutrisi dalam ASI yang memengaruhi kecerdasan otak belum dapat dipastikan secara pasti, para peneliti telah lama mencurigai kandungan Asam lemak omega-3 docosahexaenoic acid, atau DHA di dalam ASI. Kandungan ini pula yang akhirnya dimasukkan ke dalam susu formula. Namun demikian, studi mengenai manfaat DHA baru terlihat kala DHA dicampur dengan bahan lain.

Oleh sebab itu, hubungan ASI dengan kecerdasan telah begitu lama diperdebatkan. Banyak wanita yang enggan menyusui bayinya dengan alasan sibuk bekerja atau takut bentuk tubuhnya berubah. Meskipun demikian, sudah sewajarnya bagi ibu untuk menyusui bayinya. Meski kandungan ASI belum dapat dibuktikan secara pasti, menyusui memberi manfaat tersendiri. Salah satunya, mempererat hubungan ibu dan anaknya.

ABC NEWS | ANINGTIAS JATMIKA

Topik terhangat:
Anggita Sari
| Bisnis Yusuf Mansur | Kursi Panas Kapolri

Berita terpopuler
Jenderal Ini Akan Menikahi Bella Saphira
Ahok-Lulung Berseteru, Ini Kata Kemendagri
Anggita Sari Boleh Jenguk Freddy Budiman, Asal...
'Anak Jenderal' Paksa Petugas Buka Portal Busway

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/31/060501229/DHA-dalam-ASI-Diklaim-Tingkatkan-Kecerdasan