Kamis, 25 Juli 2013

Beranda » » Dengan Menabung Anak Bisa Belajar Menahan Emosi

Dengan Menabung Anak Bisa Belajar Menahan Emosi

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Seringkali para ibu kewalahan menghadapi anak yang menangis atau marah karena keinginannya tidak terpenuhi. Bahkan akhirnya para ibu menyerah dengan langsung menuruti keinginan sang anak. Tapi ternyata dengan mengajarkan anak untuk menabung mampu membuat anak menahan emosinya lho.

"Kalau anaknya mudah emosi karena keinginannya tidak terpenuhi ya gampang saja, ajarkan si anak menabung. Ajarkan dia kalau dia ingin sesuatu ya nabung. Dari situ dia belajar untuk menahan diri," ujar psikolog Ratih Ibrahim.

Hal tersebut ia sampaikan pada talkshow 'Menabung Sejak Dini Dukung Pendidikan Karakter Anak' di Gedung SME Tower, Jakarta Selatan, Rabu (24/7/2013).

Selain dengan menabung, Ratih juga mengatakan bahwa saat orang tua ingin merubah perilaku anaknya yang tidak dapat menahan diri, orang tua haruslah tegas serta tau apa tujuan merubah perilaku sang anak. Setelah itu barulah jelaskan kepada anak agar si anak paham, kemudian masuk ke dalam perilaku dirinya yang lebih spesifik.

"Jika anak ingin pergi ke mall, saat sebelum kesana dibicarakan dulu, bolehnya apa, janjian dulu. Seperti, boleh belanja tapi hitung dari kiri ke kanan ada berapa angkanya. Misalnya angkanya boleh 6 tapi angka yang paling depan hanya boleh 1, atau jumlah angkanya hanya boleh 5," kata Ratih.

Ratih menambahkan, "Kalau sampai anaknya sampai disana ada yang dia mau tapi nggak sesuai perjanjian. Biarin saja, kalau dia marah, ngambek ya biarin aja. Tidak usah marah, tidak usah dibentak, konsisten saja. Dengan begitu anak jadi belajar dalam hal apa orang tua bisa di nego, dalam hal apa yang tidak."

Mengenai sejak kapan orang tua dapat menerapkan hal ini, Ratih mengatakan bahwa hal ini dapat diterapkan mulai dari si anak masih kecil atau bisa berjalan. Lalu setelah anak berusia 5 atau 6 tahun, orang tua dapat mulai mengajarkan anak untuk mengelola keuangannya untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Sehingga sang anak lebih dapat menahan dirinya lagi.

(vit/vit)

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2f18e89b/sc/2/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A70C240C1946530C23134630C130A10Cdengan0Emenabung0Eanak0Ebisa0Ebelajar0Emenahan0Eemosi/story01.htm