Rabu, 10 Juli 2013

Demi Kebersihan, Kini Ada Urinoir dengan Wastafel

TEMPO.CO, Latvia - Pria dikenal kurang menjaga kebersihan dibandingkan dengan wanita. Terlebih setelah habis membuang ar di urinoir, para pria langsung pergi tanpa mencuci tangannya terlebih dulu. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 15 persen pria tidak mencuci tangan mereka sama sekali. Ketika mereka mencuci tangan, hanya 50 persen yang menggunakan sabun.

Kini malas mencuci tangan bukan alasan lagi untuk pria. Daily Mail melaporkan, seorang desainer dari Latvia telah membuat desain toilet baru untuk meningkatkan kebiasaan mencuci tangan bagi pria.

Desain urinoir yang dibuat Kaspars Jursons disebut STAND. Desain STAND difasilitasi dengan wastafel yang menyatu dengan urinoir tersebut. Urinoir ini khusus diciptakan untuk mendorong para pria agar mencuci tangan mereka setelah membuang air kecil.

Sebagian orang masih mempertanyakan apakah mencuci tangan di atas urinoir terjamin kebersihannya. Hal ini telah dipikirkan oleh Jursons sehingga dia membuat keran wastafel yang diaktifkan oleh sensor. Tentu hal ini membuat wastafel tersebut lebih bersih dan mudah digunakan.

Jursons berkata, "Jika Anda tidak memiliki kebiasaan mencuci tangan setelah pergi dari kamar mandi, maka dengan memakai urinoir ini Anda pasti akan diingatkan secara langsung saat berhadapan dengan keran di atas urinoir."

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan, mencuci tangan adalah hal yang paling efektif yang harus dilakukan untuk mengurangi penyebaran penyakit menular. Penyakit yang timbul karena malas mencuci tangan berkontribusi atas 50 persen pasien di rumah sakit.

Para ahli mengatakan dibutuhkan 15 sampai 20 detik untuk mencuci tangan dengan sabun dan air agar dapat membunuh kuman penyebab infeksi secara efektif. Dalam studi lain, peneliti dari kelompok universitas di AS mengungkapkan bahwa pria lebih sering mencuci tangan mereka setelah melihat pesan yang mengingatkan mereka untuk melakukan hal tersebut setelah mengunjungi toilet.

DAILYMAIL.CO.UK | ANINDYA LEGIA PUTRI

Topik Terhangat
Karya Penemu Muda | Bursa Capres 2014 | Ribut Kabut Asap | Bencana Aceh

Berita Lain:
Eggi Sudjana Lolos Calon Gubernur Jawa Timur
Tiru Jokowi, Calon Gubernur PDIP Blusukan ke Pasar
Inilah 21 Negara Tempat Snowden Meminta Suaka

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/09/060494759/Demi-Kebersihan-Kini-Ada-Urinoir-dengan-Wastafel