Rabu, 10 Juli 2013

Dampak Kotoran Kucing bagi Kesehatan Manusia

TEMPO.CO, Chevy Chase - Hati-hati saat membuang kotoran kucing peliharaan Anda. Sebab, kotoran tersebut membawa parasit jahat yang mungkin jauh lebih berbahaya dari perkiraan kita.

Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Johns Hopkins Medical Center di Chevy Chase, Maryland, Amerika Serikat, mengungkapkan sekitar 2,6 miliar pound atau sekitar 1,2 juta ton tinja telah dikeluarkan kucing ke lingkungan setiap tahunnya.

Kotoran kucing membawa parasit Toxoplasma gondii, yaitu organisme bersel tunggal yang dapat menginfeksi ibu hamil sehinga menyebabkan masalah bawaan pada bayi. Masalah itu seperti ketulian, kejang, kerusakan mata, dan keterbelakangan mental. Parasit ini juga dapat menginfeksi orang yang memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh, seperti penderita HIV AIDS.

Fox News melaporkan, berdasarkan penelitian, parasit Toxoplasma dipercaya bisa menjadi masalah kesehatan bagi masyarakat. Secara signifikan, parasit ini dapat menginfeksi orang yang sehat.

Penelitian lain bahkan telah mengaitkan parasit ini dengan risiko skizofrenia, depresi, perilaku bunuh diri, dan prestasi sekolah yang rendah pada anak-anak. "Parasit tersebut bahkan dapat bertahan hidup selama 18 bulan" kata E. Fuller Torrey, seorang psikiater yang terlibat dalam penelitian itu.

Hewan lain seperti domba dan sapi, juga dapat terjangkit parasit Toxoplasma gondii. Penularan itu terjadi saat hewan-hewan itu secara tidak sengaja menelan kotoran kucing yang telah terinfeksi. Sementara pada manusia, penularan parasit bisa terjadi melalui makanan berupa daging mentah atau kurang matang. "Ini adalah parasit yang sangat kompleks. Ini jauh lebih rumit dari virus dan memiliki gen lebih banyak," kata Torrey.

Torrey juga menganjurkan agar populasi kucing dapat dikendalikan, terutama kucing liar. Kotak pasir tempat kotoran kucing harus selalu dalam keadaan bersih dan selalu ditutupi. Tukang kebun harus memakai sarung tangan dan mencuci sayuran mereka. Dan pemilik kucing pun tidak boleh membuang kotoran kucing sembarangan dan harus menyediakan tempat sampah khusus.

FOXNEWS.COM | ANINDYA LEGIA PUTRI

Terpopuler
Ada Caleg Bekas Model Porno dan Temperamental
Soal Asap, SBY Sesalkan Komentar Anak Buahnya
Menteri Dilarang ke Luar Kota, Nasib Suswono?
Armand Maulana: Kenapa Roy Suryo Jadi Menteri
Jangan Heboh Soal Foto Bastian Coboy Junior

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/10/060495052/Dampak-Kotoran-Kucing-bagi-Kesehatan-Manusia