Sabtu, 20 Juli 2013

Cerita Diri Bisa Memberikan Kesenangan

TEMPO.CO, Massachusetts - Penelitian terbaru menemukan alasan orang suka membicarakan diri mereka sendiri. Orang rela menghabiskan hingga 40 persen waktu berbicaranya untuk membicarakan diri sendiri. Ternyata, jawabannya, saat orang membicarakan diri mereka sendiri akan memicu reaksi kimia yang sama dengan ketika melakukan hubungan seksual. Hal ini menjadi motivasi bagi setiap orang berbagi informasi pribadi secara lebih teratur.

"Dengan menyalurkan cerita mengenai diri sendiri kepada orang lain, selain dapat membuat kita bahagia, hal ini juga dapat membawa dampak positif dalam jangka panjang untuk kesehatan kita," kata psikolog Adrian Ward seperti dikutip dari Dailymail, 18 Juli 2013.

Para peneliti di laboratorium Sosial Kognitif dan Afektif Neuroscience di Harvard University menggunakan serangkaian tes memakai teknologi pemindaian otak. Mereka menemukan, ketika orang berbicara tentang diri mereka sendiri, reaksi kimia akan terpicu. Dan hal ini menjadi motivasi bagi setiap orang untuk berbagi informasi pribadi secara lebih teratur.

Dalam melakukan tesnya, para peneliti menggunakan functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI). Alat tersebut dapat mengidentifikasi perubahan tingkat aliran darah ke bagian tertentu dari otak ketika mendapatkan suatu rangsangan.

Selama percobaan fMRI, peneliti meminta 195 orang untuk berbicara tentang diri mereka sendiri, termasuk pendapat mengenai diri mereka. Setelah itu, mereka juga diminta untuk mendiskusikan pendapat dan sifat-sifat mereka kepada orang lain yang mereka kenal. Kedua diskusi inilah yang menjadi pedoman para peneliti untuk mengetahui perbedaan aktivitas saraf pada kegiatan tersebut.

Dari hasil tersebut, para peneliti menemukan, terdapat peningkatan aktivitas pada medial prefrontal cortex (MPFC). Tak hanya itu, aktivitas membicarakan diri sendiri juga membuat otak mengeluarkan zat dopamin, yaitu zat yang menghasilkan rasa senang.

Hal ini menunjukkan bahwa berbicara tentang diri sendiri adalah hal yang menyenangkan. Namun hasil tersebut juga mengungkapkan bahwa berbicara tentang diri Anda kepada orang lain juga dapat menambah kesenangan ini.

DAILYMAIL.CO.UK | ANINDYA LEGIA PUTRI

Berita Terpopuler:
Ansor: Berlagak Jagoan, Warga Lawan FPI
Begini Kronologi Bentrok FPI di Kendal
7 Bisnis Spektakuler Incaran Yusuf Mansur
Dahlan Iskan:Yusuf Mansur Mau Beli Bank Muamalat
Dahlan: Saya Tak Mau Nama Yusuf Mansur Jelek

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/19/060497953/Cerita-Diri-Bisa-Memberikan-Kesenangan