Jumat, 19 Juli 2013

Cerita Batik Nelson Mandela

TEMPO.CO, Jakarta - Hari ini, Nelson Mandela merayakan ulang tahun yang ke-95. Bapak Bangsa Afrika Selatan ini memperlihatkan kemajuan dramatis di momen istimewanya. Keistimewaan lain yang terpancar dari sosok Nelson Mandela adalah tentang busana yang selalu dikenakannya yaitu, batik. Mantan Presiden Afrika Selatan ini di tahun 1997 sempat membuat mendiang Presiden RI Suharto terhenyak ketika menerima Mandela dalam kunjungan kenegaraan. Saat itu Mandela mengenakan kemeja batik, sementara tuan rumah Pak Harto berbalut setelan jas lengkap.

Kecintaan Nelson Mandela terhadap batik rupanya juga terlihat saat menghadiri acara-acara resmi seperti peluncuran asosiasi mantan pemimpin dunia, The Elders Juli tahun 2007 lalu. Di kesempatan ini, lagi-lagi pria kelahiran Mvezo, Afrika Selatan, 18 Juli 1918 ini dengan bangga mengenakan kemeja batik Indonesia. Acara tersebut diadakan bertepatan dengan ulangtahun ke-89 tokoh veteran perjuangan anti-apartheid ini. Dan Nelson Mandela dielu-elukan apalagi dengan mengenakan batik yang membuat sosoknya semakin karismatik dan bersahaja.

Perkenalan Mandela pertama kali dengan batik Indonesia, menurut Duta Besar RI untuk Afrika Selatan Sugeng Rahardjo, terjadi pada 1990 beberapa bulan setelah dia keluar dari penjara di Pulau Roben.

Sebagai presiden Kongres Afrika Selatan, Mandela atau yang akrab dipanggil Madiba, mengadakan perjalanan pertama ke Asia, termasuk ke Indonesia.

Sugeng Rahardjo mengatakan Mandela langsung jatuh cinta ketika menerima cenderamata batik. Sejak itu, setiap Mandela berkunjung ke Indonesia, ia selalu mengenakan batik.

Sebagian besar kemeja batik yang dikenakan Mandela merupakan rancangan mendiang Iwan Tirta. Maestro batik Indonesia yang dikenal dengan rancangannya melalui motif parang besar.

"Mandela figur atau sosok yang ketokohanya sangat kuat dan pas dengan koleksi batik saya. Dia tak hanya terlihat menarik, tapi kharisma perjuangannya semakin terpancar dengan mengenakan batik," kata Iwan Tirta dalam satu kesempatan di akhir tahun 90an ketika memberikan batik untuk Nelson Mandela.

HADRIANI P/ Berbagai Sumber

Baca Juga:
Stocking Seram Ala Kaki Zombie
Melalui Fesyen, Dian Pelangi Lakukan Syiar
SBY: Batik Adalah Identitas Indonesia

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/18/110497639/Cerita-Batik-Nelson-Mandela