Jumat, 26 Juli 2013

Beranda » » Cegah DBD, Lakukan PSN Tiap Jumat

Cegah DBD, Lakukan PSN Tiap Jumat

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE
Helmi Ade Saputra - Okezone
Jum'at, 26 Juli 2013 19:08 wib

detail berita

Aedes aegypti (Foto: Google)

SAMPAI saat ini upaya pencegahan demam berdarah yang paling efektif dan efisien  masih dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan teknik dasar 3M (Menguras Menutup, Memanfaatkan) Plus.

Menurut Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Kementerian Kesehatan RI, Dr. Andi Muhadir, MPH, Menguras adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan penampungan air, seperti bak mandi, ember, dan pot. Kemudian, Menutup yaitu memberi tutup yang rapat pada tempat-tempat penampungan air tersebut.

"Sedangkan, melakukan Memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat nyamuk demam berdarah bertelur," ujar Dr. Andi Muhadir, MPH, di Gedung Adhyatma Kemenkes RI, Kuningan, Jakarta, Jumat (26/7/2013).

Adapun plus, adalah segala bentuk kegiatan pencegahan, seperti memberi bubuk larvasida pada tempat air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk, dan tidak menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat sarang nyamuk.

Ia menambahkan, gerakan PSN ini harus terus ditingkatkan, terutama pada musim penghujan. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan peran serta aktif masyarakat dalam melakukan langkah-langkah pengendalian vector sebagai tindakan pencegahan penyakit DBD.

"Misalnya dengan melakukan kegiatan pemantauan jentik bersama Jumantik (juru pemantau jentik) setiap hari Jumat sekali seminggu," jelasnya.
(ind)

  • Waspada Jentik Nyamuk di Musim Penghujan
  • Berantas DBD dengan Gerakan PSN
  • Prevalensi DBD di Jakarta Paling Tinggi
  • Menuju Jakarta Bebas DBD di 2020

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/26/482/843193/cegah-dbd-lakukan-psn-tiap-jumat