Jumat, 19 Juli 2013

Cash On Delivery, Tantangan di Bisnis Online

TEMPO.CO, Jakarta- Memperoleh kepercayaan dari konsumen merupakan harga mati bagi produsen. Hal tersebut menjadi tantangan besar bagi para pedagang untuk dapat terus meningkatkan pelayanan guna menjaga kepercayaan yang telah diperoleh.

Sistem penjualan barang secara online semakin marak beriring dengan kemajuan tekhnologi. Kemudahan yang ditawarkan melalui jaringan online berjalan seiring dengan sejauh mana penjualan barang dipercaya kualitasnya sesuai harga dan kesesuaian produk yang ditampilkan di layar.

Sistem Cash On Delivery (COD) merupakan salah satu mekanisme pembayaran yang dilakukan oleh beberapa usaha bisnis online untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen. "Kepercayaan masyarakat terhadap jual beli online memang jadi salah satu kendala bagi perkembangan e-commerce di Indonesia," sahut Hadi Wenas, Co-Founder Zalora Indonesia, Kamis 19 Juli 2013.

Menurut Hadi melakukan pembayaran saat barang datang dilakukan untuk memperoleh kepercayaan konsumen. Hal ini juga dapat menjadi salah satu sarana edukasi pada masyarakat untuk percaya berbelanja online. Banyak pengalaman buruk yang dialami pelanggan karena produk tidak sesuai dengan tampilan di layar.

"Misalnya tertipu, barang tidak sampai padahal sudah membayar dengan transfer," katanya.  Membuat mekanisme COD tentunya memiliki tantangan tersendiri, namun biasanya memasuki bulan kedua dari transaksi kepercayaan dari konsumen sudah terbentuk, setelah itu sistem transfer sudah dapat dilakukan.

AISHA

Berita Lain:
Cerita Batik Nelson Mandela
Karir Dian Pelangi dari Busana Boneka Barbienya
Stocking Seram Ala Kaki Zombie  


Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/19/108497757/Cash-On-Delivery-Tantangan-di-Bisnis-Online