Selasa, 30 Juli 2013

Beranda » » Bocah Ini Menderita Dua Jenis Leukemia Sekaligus

Bocah Ini Menderita Dua Jenis Leukemia Sekaligus

TEMPO.CO, Wales –Bocah perempuan 7 tahun menderita dua jenis leukemia sekaligus. Kondisi ini diketahui satu-satunya terjadi di dunia. Kondisi ini disebut "Dual Hit Leukaemia" dalam istilah kedokteran.

"Lauryn Robinson menderita Acute Lymphoblastic Leukaemia dan Non-Hodgkin Lymphoma," tulis Daily Mail, Senin, 29 Juli 2013. Dokter belum pernah melihat kondisi ini sebelumnya. Oleh sebab itu, Lauryn memerlukan perawatan yang sangat hati-hati.

Sebagai pasien yang mengalami dua penyakit leukemia sekaligus, Lauryn terlhat begitu bugar dan sehat. Hingga pada Maret tahun ini, ia mulai mengalami pembengkakan di wajah. Ia pun dibawa ke rumah sakit.

Semula, dokter mendiagnosis Lauryn menderita Acute Lymphoblastic Leukaemia. Leukemia jenis ini menjangkiti ratusan anak setiap tahunnya. Kemoterapi pun dilakukan. Namun sayang, ini justru memperuruk kondisi Lauryn hingga ia menderita kejang dan stroke ringan.

Dokter pun melakukan pemeriksaan lebih mendalam. Hingga akhirnya ditemukan, Lauryn juga mengidap Non-Hodgkin Lymphoma, jenis lain leukemia. Dual Hit Leukaemia, merupakan kondisi yang begitu langka. Ini hanya terjadi pada satu dari 2 miliar orang di dunia.

"Kami belum pernah mendengar Dual Hit Leukaemia sebelumnya. Namun, itulah yang diucapkan dokter," ujar ibunda Lauryn, Emma. "Mereka juga berkonsultasi dengan dokter ahli lainnya. Pasalnya, mereka belum pernah melihat kondisi ini sebelumnya."

Hingga saat ini, Lauryn belum mendapatkan donor sumsum yang cocok untuk membantunya sembuh. Ia hanya diberi obat-obatan dan perawatan intensif. Meskipun demikian, Lauryn tetap ceria dan optimis, ia akan mampu menjadi seorang "manusia spesial" dari 2 miliar orang di dunia.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA

Topik terhangat:
Anggita Sari | Bisnis Yusuf Mansur | Kursi Panas Kapolri

Baca juga:
Jokowi Blusukan: `Pemerintah Kebobolan`
Dipaksa Minta Maaf, Ahok Telpon Haji Lulung
Dahlan Iskan Bakal Calon Presiden dari Demokrat

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/30/060500859/Bocah-Ini-Menderita-Dua-Jenis-Leukemia-Sekaligus