Sabtu, 27 Juli 2013

Beranda » » Biar Tetap Bugar Saat Puasa, Ini Olahraganya

Biar Tetap Bugar Saat Puasa, Ini Olahraganya

INILAH.COM, Jakarta - Seringkali ketika berpuasa seseorang menjadi malas berolahraga atau sekedar menggerakan tubuh dengan alasan menghemat energi atau mencegah rasa lelah dan haus. Padahal olaraga tetap harus dilakukan agar tubuh tetap bugar.

"Seringkali kita merasa telalu lemas dan tak bertenaga untuk
beraktivitas, apalagi aktivitas sehat seperti olahraga," kata Dokter Spesialis Ahli Gizi Klinis Dr. Fiastuti Witjaksono SpGK di Jakarta, baru-baru ini.

Padahal, lanjutnya, olaraga akan mengubah cadangan lemak dalam tubuh menjadi glukosa yang merupakan sumber energi. Dengan kadar gula yang meningkat aktivitas sehari-hari dapat tetap dilakukan dengan maksimal

"Rasa kantuk yang sering timbul saat berpuasa akan hilang, dan tubuh semakin terasa segar," sambung dokter Fiastuti.

Agar tubuh tetap segar dan tak mudah lelah, bentuk olahraga perlu diperhatikan. Dokter Fiastuti memberi catatan, sebaiknya pilih olahraga yang ringan. Selain itu intensitas dan pemilihan waktu untuk berolaraga juga sangat penting.

"Olah raga jangan dilakukan setelah sahur, sebaiknya dilakukan disekitar waktu setelah berbuka berbuka puasa. Sementara pilih olahraga ringan seperti yoga, berjalan ataupun jalan cepat, jogging, bersepeda, atau gerakan peregangan tubuh saat kita berada di tempat kerja," jelas dr. Fiastuti. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2014551/biar-tetap-bugar-saat-puasa-ini-olahraganya