Rabu, 03 Juli 2013

Bersin Menunjukkan Kepribadian Seseorang

INILAH.COM, Jakarta - Kepribadian seseorang bisa diketahui dari bagaimana ia bersin. Penasaran?

"Bersin seperti tertawa," kata Dr Alan Hirsch, seorang ahli saraf, psikiater dan pendiri Smell & Taste Treatment Research Foundation di Chicago, seperti dilansir dari nbcnews health.

"Beberapa [tertawa] keras, beberapa lembut. Ini akan selalu sama bunyinya setiap bersin yang dimiliki orang," tambahnya.

Hirsch tidak mengetahui adanya penelitian yang mengungkapkan arti dari gaya bersin. Tapi ia setuju bahwa bersin mencerminkan beberapa komponen kepribadian.

"Ini lebih dari hal psikologis dan mewakili kepribadian atau karakter struktur yang mendasari," katanya.

Misalnya, seseorang yang memiliki sifat agresif dan meledak-ledak cenderung memiliki gaya dan suara bersin keras dan tegas. Bersinnya cenderung membahana dan tak sedikit yang mengagetkan orang.

Sementara orang pemalu biasanya akan mencoba menahan bersin mereka. Sehingga cenderung menimbulkan suara yang pelan dan berderit seperti menginjak tikus.

Bahkan Hirsch menyebut bersin itu memiliki kenikmatan yang sama persis ketika mengalami orgasme. Bersin adalah orgasme yang dirasakan di hidung.

"Ketika kita berpikir tentang bersin, itu hampir sama kualitasnya seperti orgasme. Ketika bersin, Anda mengalami kenikmatan positif orgasme hidung," ujarnya.

Bersin dijelaskan dokter spesialis THT adalah bagian dari mekanisme pertahanan tubuh. Ini sebabnya mengapa orang sering bersin biasanya di tempat yan baru pertama mereka datangi.

"Secara umum, bersin merupakan fenomena spontan, bagian dari mekanisme pertahanan tubuh, cara membersihkan bakteri atau agen lain yang akan merugikan," kata Dr Gordon Siegel dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2006385/bersin-menunjukkan-kepribadian-seseorang