Rabu, 17 Juli 2013

Begini Cara Jadi Atletis ala Pemenang L-Men 2013

TEMPO.CO, Jakarta - Bertubuh tegap, bidang, dan proporsional merupakan idaman para pria. Jawara L-Men 2013, Albern Sultan, adalah salah satu cowok yang beruntung mendapatkan tubuh atletis itu. Bern, sapaan Albern, memiliki postur tubuh dengan tinggi 183 sentimeter dan berat 73 kilogram.

"Yang paling penting itu, pola makan tepat, olahraga teratur, dan tidur cukup," kata Albern membuka rahasianya kepada Tempo beberapa waktu lalu di kantor Nutrifood, Pulogadung, Jakarta.

Ia pun menceritakan pola hidup sehat yang dilakukannya. Hal yang utama adalah makanan. Pria yang 19 Agustus ini berusia 23 tahun mengatakan dirinya selalu makan lima kali dalam sehari. Makan pertama adalah saat sarapan. "Kalau sarapan, aku makan roti gandum, putih telur tiga buah tanpa kuningnya, ditambah segelas susu," katanya.

Untuk makan kedua, pria kelahiran Medan ini akan minum susu lagi dan buah-buahan. Itu biasanya selingan jam 10-11. Selanjutnya, saat makan siang, sekitar pukul 12-1 siang, pria ini pun mengkonsumsi menu khusus.

"Untuk makan siang itu nasi merah, dada ayam direbus atau dibakar, sayur-sayuran, dan putih telur tiga butir lagi," kata pria yang sudah terbiasa makan nasi merah selama setahun terakhir ini.

Selanjutnya, makanan selingan kembali ia konsumsi pada pukul 3 sore. Pada jam itu, ia biasa makan roti gandum dan biskuit rendah lemak lainnya. Dan untuk makan terakhir, sekitar pukul 7 malam, pria semester delapan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara ini biasa memakan makanan berat kembali, yaitu nasi merah ditambah dada ayam, atau bisa juga diganti dengan daging sapi atau daging ikan. Tentu saja, lauk itu pun tidak digoreng, melainkan dibakar atau direbus.

Selain makan, anak ketiga dari empat bersaudara ini pun tidur cukup minimal 8 jam sehari. "Kalau bisa, sih, tidurnya jangan lebih dari jam 10 malam," ia menyarankan.

Syarat terakhir yang tentu tidak bisa dilupakan, katanya, adalah berolahraga. Selain basket, pria ini sering melatih tubuhnya di pusat kebugaran. Ia terbiasa pergi ke gym minimal lima kali dalam seminggu dengan durasi 1-2 jam sekali pertemuan. "Itu enggak capek, kok. Justru bikin lebih fit, semangat, dan ngurangin pegel-pegel," katanya.

MITRA TARIGAN

Berita lain:
Juara Kontes Nyanyi, Fatin Jadi Brand Ambassador
Tips Fatin Memilih Pakaian dan Hijab
Sandhy Sondoro Dapat Inspirasi di Turki

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/16/205496867/Begini-Cara-Jadi-Atletis-ala-Pemenang-L-Men-2013