Selasa, 30 Juli 2013

Beranda » » Bayi Wajib Vaksinasi Hepatitis B sejak Lahir

Bayi Wajib Vaksinasi Hepatitis B sejak Lahir

OKEHEALTH | DETAIL FAMILY HEALTH
Ainun Fika Muftiarini - Okezone
Selasa, 30 Juli 2013 13:43 wib

detail berita

Lakukan vaksin (Foto: Google)

MENINGKATNYA jumlah penderita penyakit hepatitis B tentu membawa keprihatinan tersendiri. Karena itu, deteksi dini terhadap penyakit tersebut sangat penting dilakukan.

Seperti diketahui, Hepatitis B merupakan infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Sayangnya, penyakit tersebut biasanya tidak pernah menunjukkan gejala nyata yang dirasakan oleh penderita.

"Semakin dini dilakukan upaya pencegahan, yaitu vaksinasi bagi bayi berusia 0 hari, maka bayi akan semakin terlindungi dari infeksi virus hepatitis B,"ujar dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D pada simposium Pentingnya Vaksinasi Hepatitis B Nol Hari untuk Bayi di Balai Kartini, Jakarta, baru-baru ini.

Penyakit hepatitis B sendiri merupakan penyakit berbahaya yang bisa mengancam siapa pun. Bahkan, hepatitis juga dapat menyebabkan kematian dini akibat sirosis, kegagalan fungsi hati dan kanker hati.

Lebih lanjut, hepatitis juga menjadi salah satu masalah kesehatan publik yang terbesar di dunia. Sekira 2 milyar orang telah terinfeksi oleh virus hepatitis B dan 450 juta orang di antaranya, adalah pembawa (carrier) virus hepatitis B kronis. (ind)

  • Cara Tangani Gangguan Mental Anak
  • Gejala-Gejala Anak Alami Gangguan Mental
  • Kurang Vitamin D Sebabkan Alergi hingga Lemah Saraf Anak
  • Benarkah Puasa Bikin ASI berkurang?
  • Kurang Vitamin D, Waspada Ancaman Obesitas pada Anak

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/30/483/844587/bayi-wajib-vaksinasi-hepatitis-b-sejak-lahir