Selasa, 02 Juli 2013

Batuk Tak Kunjung Sembuh, Waspadai Kanker Paru

TEMPO.CO, London - Waspadai batuk yang mendera hingga 3 minggu lamanya. Bila itu terjadi, sebaiknya harus segera menghubungi dokter. Pasalnya, kejadian ini mungkin saja awal dari kanker paru-paru. Antara 1 hingga 7 orang pada 38.000 kasus kanker paru-paru di Inggris tiap tahunnya didiagnosis begitu awal. Jadi, ini memungkinkan pasien untuk mendapatkan pengobatan efektif, baik dengan operasi, radioterapi, maupun kemoterapi.

"Dalam 30 tahun terakhir, kelangsungan hidup penderita kanker terus meningkat. Namun, ini tidak berlaku pada kanker paru-paru," tulis Daily Mail, Senin, 1 Juli 2013. Kasus kanker paru-paru justru cenderung statis. Pasien kanker paru-paru rata-rata hanya akan bertahan selama 5 bulan setelah diagnosis. Sementara, pada kasus kanker usus dan payudara, umumnya mampu bertahan hingga 10 tahun. Di Inggris sendiri, sebanyak 28.000 pasien kanker paru-paru meninggal tiap tahunnya.

Para ahli mengatakan, singkatnya kelangsungan hidup pasien kanker paru-paru terjadi karena pasien seringkali tidak menyadari gejala yang muncul. Gejala ini meliputi batuk terus-menerus, nyeri dada, sesak napas, dan penurunan berat badan.

Menteri Kesehatan Inggris, Jeremy Hunt mengatakan, "Lebih banyak orang meninggal akibat kanker paru-paru daripada kanker lain di Inggris, tetapi banyak orang tidak mengetahui tanda-tanda dan gejala yang bisa menyelamatkan nyawa mereka."

Dalam sebuah kampanye yang dilakukan pada Senin kemarin di Inggris, tersirat pesan bahwa jika seseorang menderita batuk terus-menerus maka harus segera memeriksaan ke dokter. Pendeteksian dini kanker akan membuat kanker cepat teratasi.

"Hanya dengan meningkatkan kesadaran gejala potensial dan mendorong orang untuk mengunjungi dokter mereka lebih awal maka angka kelangsungan hidup penderita kanker paru-paru bisa terus ditingkatkan," ujar Profesor Kevin Fenton, Direktur Kesehatan dan Kesejahteraan Kesehatan Masyarakat di Inggris.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA

Berita Terpopuler:
Cuma Jokowi yang Dipandang Mampu Bendung Prabowo
Novi Amilia Hampir Buka Baju Lagi
Cara Kepolisian Tutupi Kasus Upaya Suap Anggotanya
PDI-P: Gaya Jokowi Apa Adanya, SBY Serba Diatur
Petinggi Polisi Minta Kasus Suap Tidak Bocor

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/02/060492853/Batuk-Tak-Kunjung-Sembuh-Waspadai-Kanker-Paru