Minggu, 07 Juli 2013

Batasi Asupan Daging Merah, Terhindar dari Penyakit Jantung

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT
Qalbinur Nawawi - Okezone
Minggu, 7 Juli 2013 11:51 wib

detail berita

Hindari daging merah, (Foto: Healthmeup)

BEBAS terus dari penyakit jantung meski umur sudah tak lagi muda. Bagaimana caranya?
 
Menghindari asupan yang mendukung terjadinya penyempitan pembuluh arteri ialah salah satu rahasia yang bisa Anda praktekkan dalam keseharian.
 
Seperti yang diketahui, tubuh memang membutuhkan kolesterol untuk tubuh berkerja dengan baik. Tapi bila kolesterol terlalu banyak dalam tubuh, itu bisa menyebabkan penyempitan dan pemblokiran peredaran darah ke jantung. Tentu ini sangat berbahaya untuk kesehatan seseorang nanti, yang umumnya menyebabkan penyakit jantung. Namun Anda tak perlu cemas, asal bisa menghindari asupan yang dapat mendukung terjadinya penyempitan, hal itu sudah cukup menjaga kesehatan jantung dan tubuh. Nggak percaya?
 
Di bawah ini ada beberapa asupan yang harus dihindari agar bebas dari ancaman penyakit jantung seperti dilansir dari Healtmeup:
 
 
Batasi asupan daging merah
 
Mengonsumsi daging merah bisa melonjakan kadar kolesterol Anda dalam seketika. Karena itu, sebaiknya Anda beralih dengan makan makanan seperti ikan, ayam, kacang polong kering dan kacang-kacangan.
 
Hilangkan kulit pada daging sebelum dimasak
 
Kulit daging merupakan kandungan yang memiliki banyak lemak. Sehingga disarankan untuk menghilangkan kulitnya sebelum dimasak. Atau membuang lemak yang  muncul ke permukaan air atau minyak selama Anda memasak.
 
Menghindari minum susu full cream.
 
Salah satu cara jitu untuk menghindari kadar kolesterol meningkat ialah menghindari minum susu full cream dan poduk olahan susu. Hal ini karena kedua komponen itu menyediakan kadar lemak yang cukup untuk melonjakan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Namun tak usah cemas bila Anda masih menginginkan minum susu, syaratnya Anda harus mengonsumsi susu dengan kadar lemak yang rendah.
 
Menambahkan makanan tinggi serat pada menu harian
 
Menyertakan makan makanan tinggi serat ialah cara yang dapat memangkas kadar kolesterol dalam tubuh. Di mana  pilihan makanan yang bisa Anda sertakan seperti kacang polong kering, kacang-kacangan, roti gandum, sereal, bubur gandum dan aneka buah-buahan dan sayuran.
 
Bijak dalam memilih minyak sayur
 
Hindari memakai minyak yang memiliki kadar lemuk jenuh karena hal itu bisa meningkatkan kadar kolesterol Anda.Dengan demikian, mulailah sekarang beralih memakai minyak zaitun, minyak jagung, margarin dan minyak bunga matahari dalam upaya menggoreng makanan apapun
 
(tty)
  • Batasi Asupan Daging Merah, Terhindar dari Penyakit Jantung
  • Kurangi Kolesterol dengan pangkas Makanan Berminyak
  • Empat Siasat Sarapan yang Bikin Lemak Susut
  • Manfaat Jalan Kaki bagi Shandy Syarif
  • Jaga Kesehatan, Shandy Syarif Tidak Telat Makan

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/07/486/833136/batasi-asupan-daging-merah-terhindar-dari-penyakit-jantung