Jumat, 05 Juli 2013

Barbeque Sehat di Musim Libur Sekolah

Barbeque Sehat di Musim Libur Sekolah

(eadt.co.uk)

Liputan6.com, London : Masa liburan sekolah sudah tiba. Menghabiskan waktu bersama bisa dengan piknik atau sekadar barbeque di rumah. Untuk beberapa orang mungkin senang melakukan kedua hal ini tidak selalu di luar kota, namun juga bisa di halaman rumah. Tapi, tidak semua makanan yang dapat digrilled.

Seperti dilansir Huffingtonpost ada beberapa makanan yang bisa dijadikan pilihan untuk menu panggang saat piknik. Berikut makanan yang sehat mengandung nutrisi baik untuk kesehatan serta mudah dipanggang :

1. Asparagus

Asupan sayuran ini menjadi lezat saat dipanggang. Mulailah dengan membersihkan dan memotong asparagus, beri olesan minyak zaitun untuk menambah cita rasanya. Saat dipanggang taburi sedikit garam dan merica sesuai selera.

"Asparagus mengandung spektrum vitamin yang tinggi dan nutrisi dari serat dan folat untuk Vitamin A, C, E dan K," kata founder of Bestowed.comBauer, Heather Bauer R.D.

2. Lettuce atau Selada

Dengan sangat sedikit kalori per porsi dan kaya akan vitamin A, K dan C, menurut Bauer. "Grill sampai itu sedikit hangus dan flip mereka berakhir selama sekitar tiga menit," katanya.

3. Mangga

Buah yang satu ini dapat dijadikan pilihan toping untuk pizza atau burger. Mangga merupakan buah super yang kaya akan vitamin dan mineral serta sumber padat serat makanan, vitamin B6, A dan C.

4. Jamur Portobello

Jamur jenis ini mengandung 40 kalori tiap porsinya, "Mereka juga mengandung nutrisi yang sedikit lebih sulit untuk mendapatkan dari makanan lain, seperti selenium. Satu jamur Portobello memenuhi 21 persen dari asupan harian yang direkomendasikan," kata Bauer. "Jamur ini bisa dijadikan alternatif pengganti pisang yang kandungan kaliumnya sama banyak,"tambahnya.

Bersihkan jamur dan buang batangnya, kemudian tambahkan minyak zaitun, bawang merah, bawang putih, dan cuka. Proses pemanggangannya berlangsung selama satu jam dan diamkan 10 menit kemudian sajikan.

5. Nanas

"Memanggang nanas mengintensifkan rasa," kata Bauer. Potong buah segar ini campurkan gula dan kayu manis, rendam selama 30 menit kemudian dipanggang sekitar lima menit di tiap sisinya.

Buah bewarna kuning ini mengandung 74 kalori dan memenuhi hampir 100 persen asupan vitamin C yang direkomendasikan. dilaporkan WebMD. Ini juga merupakan sumber serat makanan dan mengandung enzim bromelain yang dapat membantu pencernaan.

(Mia/Mel/*)

Source : http://health.liputan6.com/read/629878/barbeque-sehat-di-musim-libur-sekolah