Senin, 15 Juli 2013

Bangun dari Koma, Memori Ibu Ini Kembali ke Era Spice Girls

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Kecelakaan fatal kerap membuat korbannya lumpuh dan terkadang hilang ingatan. Meski kecelakaan mobil yang menimpa Candace Emptage sangat fatal, namun ia hanya mengalami koma selama dua bulan. Tapi uniknya ketika terbangun, Candace tak ingat apapun selain memorinya di tahun 1990-an.

Ibu beranak satu asal Gateshead, Tyne and Wear ini 'masih' berpikir jika perdana menteri Inggris sekarang adalah John Major dan artis yang memuncaki chart adalah Spice Girls. Bahkan sebangunnya dari koma, Candace meyakini bahwa Putri Diana masih hidup.

Gara-gara kecelakaan yang menimpa Candace dalam perjalanannya pulang ke rumah mengendarai Toyota MR2 tersebut, Candace mengalami cedera otak yang mengakibatkan sebagian ingatannya terhapus. Candace pun mengira usianya masih 22 tahun, padahal usianya yang sebenarnya adalah 36 tahun dan sudah menikah.

"Saya terbangun dan melihat kedua orangtua saya tapi mereka terlihat berbeda. Wajah ibu saya menua, rambutnya lebih pendek dan cara berpakaiannya pun benar-benar berbeda," tutur Candace seperti dilansir Thesun, Senin (15/7/2013).

"Ayah saya juga menggenggam semacam alat futuristik yang terlihat seperti alien bagi saya. Saya baru tahu itu adalah iPhone," tambahnya.

Putri tunggalnya yang masih remaja, Maddy (16) pun melihat Candace tak menunjukkan tanda-tanda bahwa ia mengenali Maddy.

"Gadis remaja ini masuk ke kamar saya dan terlihat sangat marah. Lalu saya bertanya pada ibu saya, 'Siapa itu?' Ia menjawab itu adalah putri saya dan rasanya perut saya mau jatuh karena saya tak tahu saya telah menjadi ibu," kisah Candace lagi.

"Saya masih punya ingatan balita saya tapi tak ada perasaan keibuan dan ingatan tentang kehamilan atau melahirkan. Ini seperti saya sempat tertidur dan terbangun di masa depan," imbuhnya.

Tak lupa Candace juga menceritakan bagaimana saat ia terbangun dari koma dokter menanyai nama, usia dan siapa perdana menteri Inggris sekarang. Lalu tentu saja ia menjawab namanya Candace, usianya 22 tahun dan saat ini perdana menteri Inggris adalah John Major.

Barulah Candace mulai dihadapkan dengan perjuangan yang luar biasa untuk mengembalikan memorinya yang hilang. Apalagi ia mengaku bersalah kepada putri satu-satunya, Maddy yang tampak tersakiti karena Candace tak mengenalinya. "Saya tak tahu apa yang harus saya lakukan. Saya tak punya rasa keibuan dengannya. Di mata saya ia sama dengan remaja lainnya," timpalnya.

"Keluarga yang saya ingat pun jauh berbeda. Bahkan salah satu hal yang membuat saya sangat sedih adalah ketika mengetahui bahwa orangtua saya telah berpisah selama 11 tahun dan ayah saya sudah menikah lagi. Saya menangis dibuatnya karena seingat saya mereka adalah pasangan yang bahagia ketika usia saya masih 22 tahun," ujar Candace.

Setelah Candace diperbolehkan keluar dari rumah sakit, ia tinggal bersama ibunya di Leeds, dimana ia harus diawasi selama 24 jam dan diasuh layaknya anak-anak. Candace pun harus belajar berjalan dan berbicara dari nol.

"Saya juga mengira Spice Girls masih jadi grup terbesar yang ada. Saya tak tahu apa itu X Factor. Dan saya mulai mengetahui bahwa Putri Diana dan Michael Jackson telah meninggal dunia, tapi saya hanya tak bisa mempercayainya," katanya.

Setahun pasca kecelakaan, Candace dan Maddy pun tinggal bersama. Sang ibu akhirnya mulai pulih setelah menjalani fisioterapi dan terapi bicara selama berbulan-bulan.

"Saya masih tak bisa merasakan apapun di sisi kanan tubuh dan wajah saya, dan saya diberitahu bahwa saya takkan pernah ingat bagaimana putri saya tumbuh. Cara bicara saya juga belum sempurna dan mungkin takkan pernah kembali normal tapi makin membaik dari hari ke hari," tutupnya.

(vit/vit)

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2ea66a69/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A70C150C0A339460C230A22940C120A20Cbangun0Edari0Ekoma0Ememori0Eibu0Eini0Ekembali0Eke0Eera0Espice0Egirls/story01.htm