Rabu, 31 Juli 2013

Beranda » » Bad Mood? Asupan Ini Bisa Bantu Perbaiki Suasana Hati Anda

Bad Mood? Asupan Ini Bisa Bantu Perbaiki Suasana Hati Anda

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Emosi yang tak menentu dan perasaan sedih yang tak ada habisnya merupakan tanda Anda sedang mengalami bad mood. Tak perlu khawatir, mood dapat diperbaiki dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Apa sajakah jenis makanan tersebut?

Seperti telah diketahui, jenis makanan yang dimakan dan seberapa sering Anda memakannya secara tidak langsung memang mempengaruhi suasana hati. Berikut beberapa contoh makanan yang bisa memperbaiki mood, seperti dilansir Times of India, Rabu (31/7/2013):

1. Cokelat

Cokelat tak hanya bersifat afrodisiak, tetapi juga sangat ampuh untuk mengatasi depresi dan mengurangi stres. Cokelat juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengatasi suasana hati yang buruk. Rahasianya, cokelat mengandung theobromine dan phenylethyamine, yaitu senyawa yang membantu meningkatkan mood.

Tips: Cobalah untuk mencairkan cokelat dalam mangkuk, lalu celupkan stroberi segar atau buah-buahan musiman lain di dalamnya. Stroberi memiliki nilai tambah karena dapat menstabilkan kadar gula dan mengurangi iritasi.

2. Seafood

Asam lemak omega 3 yang dikandung di dalam seafood merupakan resep sehat untuk menangkal kanker dan penyakit kardiovaskular. Selain itu, zat ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi nyeri sendi.

Secara emosional, asam lemak omega 3 juga membantu meningkatkan pikiran dan memerangi masalah neurologis lainnya termasuk depresi dan Alzheimer. Seafood merupakan sumber yang kaya akan vitamin B dan mineral seperti seng dan magnesium. Kedua komponen ini dapat meningkatkan mood Anda.

Tips: Cobalah untuk lebih memilih menu seafood seperti daging ikan, udang, atau lobster jika mood sedang tak menentu.

3. Buah

Buah memiliki peran penting dalam memperbaiki suasana hati Anda. Buah mengandung vitamin B dan folat, keduanya merangsang asam amino yang memproduksi serotonin. Hormon serotonin ini yang kemudian berfungsi untuk memompa mood menjadi lebih ceria. Jika memang saat itu Anda sedang tidak merasa bad mood, buah dapat mencegah timbulnya kecemasan, stres, dan frustasi. Suasana hati yang sehat akan mengarah pada tubuh yang sehat pula.

Tips: Siapkan mangkuk yang diisi oleh yoghurt, kemudian masukkan beberapa macam potongan buah. Kombinasi ini akan segera menyegarkan tubuh dan pikiran Anda.

4. Kacang

Kacang dapat meningkatkan energi Anda dalam waktu singkat. Beberapa jenis kacang seperti kenari dan biji rami merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega. Dengan mengonsumsi kacang, Anda akan lebih kuat dalam mengendalikan suasana hati negatif seperti kecemasan dan kemarahan.

Tips: Cobalah untuk mencampur kacang di dalam adonan kue atau makanlah secara utuh.

5. Beras merah dan sereal

Kedua jenis makanan ini memperbaiki mood dengan cara membantu memperlambat penyerapan karbohidrat. Selain itu, mereka juga mengurangi keinginan untuk makan berlebih.

6. Produk olahan susu rendah lemak

Yoghurt merupakan sumber yang kaya akan dopamin dan norepinephrine. Selain itu olahan susu ini juga mengandung vitamin D dan B, serta mineral magnesium dan seng. Namun, tetap ingat untuk kontrol porsi, sebab jika berlebihan juga tetap tidak akan baik terhadap berat badan.

Tips: Anda bisa mengonsumsinya langsung maupun dicampur ke makanan lain. Misalnya olahan susu seperti keju yang dimakan sebagai pendamping roti.

(vit/vit)

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2f61754d/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A70C310C1758440C2320A5130C7630Cbad0Emood0Easupan0Eini0Ebisa0Ebantu0Eperbaiki0Esuasana0Ehati0Eanda/story01.htm