Selasa, 30 Juli 2013

Awas, Tiga Jenis Alas Kaki Ini Malah Bikin Sakit

INILAH.COM, Jakarta- Sementara alas kaki dipakai selain untuk melindungi kaki juga untuk mempercantik penampilan, para ahli justru menemukan, tiga alas kaki dapat menganggu kesehatan kaki.

Seperti dikutip darinydaily, tiga alas kaki itu adalah sandal jepit, sepatu balerina, dan wedges.


Para ahli mengatakan sandal jepit dan sepatu datar balerina tidak memberikan dukungan yang tepat bagi tubuh sementara wedges dapat menganggu biomekanik berjalan.

Sepatu balerina yang sangat datar, menurut ahli, sama saja berjalan di atas kardus tanpa dukungan lengkungan sepatu. Ini bisa menyebabkan sakit pada kaki yang disebut plantar fasciitis.

Jika memang menyukainya, tambahkan alas kaki untuk memberi ketebalan pada sepatu. Namun demikian tetap tak disarankan memakai jenis ini setiap hari.

Sementara sandal jepit juga dianggap tidak bisa membantu kaki untuk menopang beban tubuh dan memberi bantalan pada tumit. Menurut American Podiatric Medical Association ini juga bisa mengakibatkan plantar fasciitis dan masalah dengan lutut, pinggul dan punggung.

Sepatu musim panas lainnya yang dapat menyebabkan masalah adalah wedges dengan hak kaki yang kaku. Ini menurut para ahli bisa mengganggu biomekanik berjalan. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2015448/awas-tiga-jenis-alas-kaki-ini-malah-bikin-sakit