Senin, 01 Juli 2013

Awas, Rajin Makan Ini Bisa Bikin Bodoh!

INILAH.COM, Jakarta- Sejumlah makanan sebaiknya dihindari. Selain tak memberi gizi yang baik bagi tubuh, juga diketahui dapat menurunkan kemampuan berpikir dan kinerja otak itu.

Setidaknya ada 11 makanan yang harus dihindari agar kecerdasan kita tak terganggu.

1. Makanan manis

Tak hanya cepat menaikkan berat badan, makanan tinggi kandungan gula bisa mengganggu memori atau daya ingat dan kemampuan belajar.

2 .Makanan cepat saji

Penelitian Universitas Montreal menyebut makanan siap saja atau junk food mampu mengubah bahan kimia dalam otak yang erat kaitan dengan depresi dan kecemasan.

Terkenal akan kaya lemak,junk food mempengaruhi produksi dopamin yang bertugas mendukung fungsi kognitif, memori, kewaspadaan dan motivasi.

3. Makanan olahan dan gorengan

Makanan olahan sudah barang tentu mengandung bahan kimia, perwarna, rasa buatan,pengawet dan semacamnya yang bisa mempengaruhi fungsi kognitif. Makanan yang harus digoreng ini perlahan menghancurkan sel-sel saraf pada otak.

Makanan ini juga meningkatkan risiko gangguan otak degeneratif seperti alzheimer.

4. Tinggi kandungan garam

Sebuah penelitian menunjukkan, makanan dengan kandungan garam yang tinggi bisa merusak kemampuan berpikir dan mempengaruhi fungsi kognitif.

5 .Biji-bijian, kecuali yang 100% gandum

Segala macam biji-bijian nyatanya berdampak buruk bagi fungsi otak termasuk kemampuan berpikir. Tak hanya itu, organ tubuh menjadi lebih cepat tua sementara umur Anda masih muda.

6. Makanan mengandung lemak trans

Makanan dengan kandungan lemak trans akan membuat kinerja otak lambat serta mempengaruhi kualitas respon otak Anda. Makan terlalu sering makanan yang mengandung lemak ini membuat kemampuan otak menyusut dan mengarah pada Alsheimer, penurunan daya ingat.

7. Makanan dengan pemanis buatan

Pemanis buatan memang sedikit mengandung kalori tapi ini menyebabkan kerusakan otak dan merusak kemampuan berpikirnya. [berbagai sumber/mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2005456/awas-rajin-makan-ini-bisa-bikin-bodoh