Rabu, 10 Juli 2013

Awas, Insomnia Pengaruhi Kehidupan Asmara Anda

INILAH.COM, Jakarta- Sebuah penelitian mengungkapkan, pasangan yang memiliki kualitas tidur buruk atau setidaknya salah satunya, lebih mungkin untuk bertengkar pada esok harinya.

"Pasangan mengalami konflik lebih sering dan parah setelah malam tanpa tidur," kata psikolog Amie Gordon, penulis utama penelitian dari UC Berkeley, seperti dilansir dari dailymail.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Sosial dan Ilmu Kepribadian itu juga menyebutkan, "Pasangan yang sering bertengakar pada umumnya memiliki hubungan yang kurang bahagia dan kurang sehat."

Gordon dan rekannya, Serena Chen menganalisa data dari kebiasaan tidur milik 100 pasangan yang telah bersama-sama setidaknya dua tahun.

Para peserta diminta melaporkan kualitas tidur mereka dan tekanan terhadap hubungan yang seringkali dialami selama periode dua minggu.

Mayoritas mengatakan, mereka lebih sering mengalami perselisihan pada pagi hari setelah pada malamnya memiliki kualitas tidur buruk.

Insomnia atau kesulitan tidur adalah masalah paling umum yang melanda mereka sehingga tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik pada malam harinya.Karena insomnia dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan mudah tersinggung, sehingga tidak mengherankan bahwa kurang tidur memiliki dampak negatif pada romantisme hubungan.

"Insomnia berhubungan dengan hyperarousal - yaitu area tertentu dari otak gagal untuk menenangkan diri saat malam datang," kata Dr Alon Avidan, direktur asosiasi dari pusat tidur di UCLA kepada Today.

Ini mengapa insomnia bisa mempengaruhi hubungan Anda dengan pasangan, yaitu menyebabkan lekas marah, perubahan suasana hati, peningkatan berat badan, depresi dan menurunkan libido. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2008606/awas-insomnia-pengaruhi-kehidupan-asmara-anda