Rabu, 24 Juli 2013

Beranda » » Atasi Gigi Rusak dengan Pasta Gigi Mengandung Bola Kalsium

Atasi Gigi Rusak dengan Pasta Gigi Mengandung Bola Kalsium


Kompas.com - Para peneliti menciptakan bola-bola kaca yang terbuat dari kalsium dan fosfat yang dicampurkan dalam pasta gigi untuk menjaga kesehatan gigi.

Bola-bola berukuran tak lebih dari sehelai rambut ini bertujuan memperbaiki kerusakan gigi yang cukup parah tapi belum memerlukan tambalan. Manfaat lain dari bola-bola ini adalah mengurangi rasa ngilu di gigi akibat gigi sensitif.

Peneliti dan dokter gigi dari University of London, Queen Mary yang menciptakan inovasi ini mengatakan, bola bioglass ini menahan kalsium dan fosfat. Kandungan mineral itu akan segera dilepaskan bila kontak dengan kelembaban tinggi, misalnya saliva di mulut.

Kalsium dan fosfat penting untuk memperbaiki gigi sensitif serta menghambat perusakan gigi. Kedua bahan ini merupakan komponen utama pelindung lapisan luar gigi, yang disebut enamel.

Saat disikat ke permukaan gigi, bola akan mengisi area yang lemah atau enamel yang rusak. Pada gigi sensitif bola ini mengisi area dimana gigi makin melorot dari gusi.

Semakin tinggi kandungan fosfat perlindungan makin efektif.

Peneliti sebelumnya pernah mencoba bahan fluoride untuk menguatkan gigi namun hasilnya tidak seefektif bila menggunakan fosfat.

Pasta gigi dengan bola-bola khusus ini dapat segera membentuk lapisan baru pada gigi dalam waktu kurang dari tiga jam.

"Material kaca bioaktif sedang hangat dibicarakan. Intinya adalah bagaimana mendapat produk yang bisa memberi manfaat maksimal," kata Hugh Devlin, professor restorasi gigi di University of Manchester.

Ia mengatakan produk ini diharapkan bisa diluncurkan secara komersial dalam 2 tahun mendatang.

Source : http://health.kompas.com/read/xml/2013/07/24/1359163/Atasi.Gigi.Rusak.dengan.Pasta.Gigi.Mengandung.Bola.Kalsium