Selasa, 30 Juli 2013

Beranda » » Asupan yang Tepat Untuk Anak Agar Kuat Jalani Puasa

Asupan yang Tepat Untuk Anak Agar Kuat Jalani Puasa

Puasa Sehat

Oleh Aditya Eka Prawira

Posted: 30/07/2013 18:45

TOPIK #Puasa Sehat #Anak Puasa #menjalani puasa

Asupan yang Tepat Untuk Anak Agar Kuat Jalani Puasa

Liputan6.com, Menjaga kesehatan anak saat puasa sangatlah penting. Tekankan pada anak, kalau puasa hanya untuk orang yang sehat. Apabila anak sakit dan memaksa untuk tetap puasa, orangtua wajib melarangnya. Agar anak tetap sehat selama berpuasa, berikanlah asupan terbaik untuknya.

Berita Terkait

Idealnya Anak Usia 3 Tahun ke Atas Sudah Boleh Berpuasa

Idealnya Anak Usia 3 Tahun ke Atas Sudah Boleh Berpuasa

Cara Bijak Beritahu Makna Puasa pada Anak

Cara Bijak Beritahu Makna Puasa pada Anak

Menurut Pediatrician MRCCC Siloam Hospitals, dr. R. Dina Garnasih, SpA, MKes, berikanlah anak makanan berbuka dan sahur yang bergizi, memiliki komposisi gizi yang cukup, seimbang, dan sesuai dengan jenis kelamin.

"Untuk makan sahur, sebaiknya pilihlah yang indeks glikemiksnya rendah, yaitu makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, namun memiliki serat yang tinggi serta lambat untuk diserap oleh tubuh," kata Dina Garniasih, di Siloam Hospitals Jakarta, beberapa waktu lalu yang ditulis Selasa (30/7/2013)

Contoh makanan dengan glikemiks rendah dan cocok untuk berikan kepada anak adalah nasi merah dan mie. Jangan lupa, ketika sahur berikan segelas susu pada anak.

"Kemudian pada saat berbuka, pilihlah makanan yang indeks glikemiknya tinggi. Meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat. Makanya, berbukalah dengan yang manis," tambahnya.

Pada saat berbuka, Dina menyarankan agar terlebih dulu mengonsumsi makanan yang ringan. Lalu, dilanjuti dengan shalat maghrib, sesudah itu barulah makan makanan yang berat.

"Semua ini dilakukan agar perut tidak kaget," terangnya

Begitu pun dengan asupan nutrisi seusai usianya. Buat orangtua jangan khawatir anaknya jadi kurus karena berpuasa. Tentunya, berikan semua makanan yang mengandung zat gizi pada anak yang sehat dan seimbang.

Kemudian, yang harus dihindari oleh para orangtua untuk anak-anaknya adalah memberikan makanan yang terlalu pedas, asam dan bergoreng. "Asam takutnya dapat merusak dinding lambung anak, yang membuatnya perih. Gorengan? Menyebabkan iritasi lambung pada anak," jelasnya.

Asupan cairannya bagaimana? Dina Garniasih menjelaskan, harus seimbang sama seperti memberikan asupan makan. Semua harus seusuai usia dan jenis kelaminnya.

"Minumlah yang cukup agar tak dehidrasi. Minumlah susu pada saat sahur, berbuka, dan ketika akan tidur. Hindarilah minuman dingin," tutupnya.

(Adt/Abd)

Berita Rekomendasi

  • Ada Masalah Saat Mudik? Telepon `Halo Kemkes` di 500567
  • 105 Anak yang Diselundupkan untuk Seks Berhasil Diselamatkan
  • Anak Peminum ASI Lebih Cerdas dan Jago di Bidang Bahasa
  • Derita Anak Penderita Dermatitis Asal Wonosari, Yogyakarta
  • Bayi Baru Lahir Jadi Hadiah Permainan di Televisi

Berita Populer

  • Posisi Intim yang Cocok untuk Akhiri Minggu Anda
  • Anak Pangeran William-Kate Middleton Minumnya ASI
  • William-Kate Lebih Luwes Asuh Anak Ketimbang Charles-Diana
  • Makan Sup Kodok Penyembuh Kanker, Wanita Ini Malah Tewas
  • Jadi Lesbian Karena Patah Hati Akibat Batal Nikah

Source : http://health.liputan6.com/read/653395/asupan-yang-tepat-untuk-anak-agar-kuat-jalani-puasa