Senin, 15 Juli 2013

Asupan Pedas Timbulkan Risiko Penyakit Hati, Benarkah?

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Cita rasa pedas sudah menjadi favorit masyarakat. Bahkan banyak orang tidak berselera makan jika tidak ada sensasi pedas. Konon, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas memicu timbulnya penyakit hati atau liver. Benarkah?

Hati merupakan salah satu organ paling vital dari tubuh. Jika hati mengalami kerusakan, bisa dipastikan akan ada perubahan dalam kualitas hidup Anda. Bahkan setelah ditemukan kondisi kerusakan pada hati, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa sembuh, seperti dilansir Boldsky, Senin (15/7/2013).

Selama ini diketahui makanan pedas sebaiknya dihindari oleh seseorang yang mengidap masalah pada hati. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur dan memilih makanan apa yang dikonsumsi. Baik untuk mencegah maupun menyembuhkannya.

Berikut hal yang perlu Anda perhatikan tentang efek makanan pedas terhadap kesehatan hati:

1. Makanan pedas dan berminyak

Makanan pedas identik dengan makanan berminyak, sebab makanan pedas seringkali diolah dengan cara digoreng. Sudah menjadi hal yang umum bahwa makanan berminyak sangat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan, terutama bagi hati. Hal ini dikarenakan minyak goreng tersebut menimbulkan akumulasi lemak pada hati. Timbunan lemak merupakan salah satu kondisi berbahaya bagi kesehatan hati.

2. Makanan pedas dan berempah

Tidak semua rempah yang digunakan untuk memasak makanan berbahaya bagi kesehatan hati, misalnya kunyit. Kunyit dan jahe merupakan rempah yang sangat sehat, keduanya justru melindungi hati dari kerusakan.

3. Makanan pedas dan cabe

Beberapa rempah seperti cabe merah diketahui dapat menghasilkan panas dalam tubuh. Itulah yang menyebabkan mengonsumsi makanan pedas dari cabe terlalu banyak tidak sehat. Pada orang sehat, konsumsi makanan pedas dan cabe tidak menimbulkan efek merugikan pada hati. Namun jika Anda sudah memiliki masalah pada hati, sebaiknya hindari konsumsi makanan pedas ini. Sebab, cabe akan semakin sulit dicerna.

4. Makanan pedas dan frekuensinya

Meskipun beberapa rempah-rempah dikatakan baik, bukan berarti harus digunakan dalam jumlah dan frekuensi yang banyak. Begitu juga dengan makanan pedas dari bumbu apapun, semuanya sehat asalkan dikonsumsi dalam jumlah wajar. Mengonsumsi makanan pedas sekali-sekali masih diperbolehkan dan aman, namun mengomsumsinya setiap hari dan bahkan setiap kali makan sangat tidak dianjurkan. Sebab, kebiasaan ini akan berdampak pada kesehatan Anda.

Dapat disimpulkan bahwa penyakit hati tidak disebabkan oleh makanan pedas saja. Namun, jika seseorang sudah memiliki masalah pada hatinya, beberapa rempah-rempah harus dihindari.

(vit/vit)

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2ea64f91/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A70C150C0A420A110C230A22960C7630Casupan0Epedas0Etimbulkan0Erisiko0Epenyakit0Ehati0Ebenarkah/story01.htm