Kamis, 25 Juli 2013

Beranda » » Asah Kreativitas Anak Dimulai Memberi Rasa Aman

Asah Kreativitas Anak Dimulai Memberi Rasa Aman

INILAH.COM, Jakarta- Kreativitas erat kaitannya dengan keberhasilan dan kesuksesan anak di masa depan. Lebih jauh ini memberi kemampuan anak bertahan hidup atau survival karena mampu menyelesaikan masalah.

Demikian dikatakan psikolog anak, Rini Hildayani M.Si dalam talkshow Brand Scotch Ajak Mengasah Kreativitas Anak Indonesia di Jakarta, kemarin (24/7).

"Ada impact dari kreativitas terhadap perkembangan anak di masa depan, nanti ia mampu berpikir divergen (luas) dalam memecahkan masalah sehingga nanti mampu menghadapi hidup," ujar Rini.

Lebih lanjut Rini menjelaskan, kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan solusi yang tepat dan orisinil, kemampuan untuk menciptakan hal-hal yang baru dan cara baru untuk berpikir dan melakukan sesuatu.

Karenanya, sama seperti ketrampilan lainnya, kreativitas anak pun perlu diasah dan digali sedini mungkin karena nantinya akan mempengaruhi kesuksesan di masa depan.

Rini menekankan, untuk memupuk kreativitas anak, maka yang sangat penting dilakukan pertama kali khususnya oleh orang tua sebagai lingkungan terdekat anak adalah memberikan rasa aman kepada anak.

"Pertama-tama secara emosional anak-anak harus memperoleh perasaan aman yang akan didapat jika orang tua sensitif dan memenuhi kebutuhan anak," katanya.

Mengapa? Rini melanjutkan, dengan rasa aman itu, anak dengan sendirinya lalu tumbuh rasa percaya bahwa orang tua mereka bisa diandalkan.

"Ini yang akan membuat mereka merasakan lebih percaya diri sehingga memicu mereka untuk berpetualang mencari hal baru atau mencari cara mengatasi masalah-masalah baru," sambung Rini.

Lalu bagaimana caranya untuk mengasah kreativitas anak? Rini menjelaskan salah satunya adalah melalui kegiatan bermain. Yaitu mengajak anak melakukan kegiatan-kegiatan menarik dan kreatif dengan berkreasi menggunakan sarana yang ada.

Tujuan ini yang mendorong 3M produsen alat tulis Brand Scotch menggelar 'Scotch Craftivity: Show Your Magic' juga masih dalam rangkaian memperingati Hari Anak Nasional 2013.

"Kami percaya setiap anak memiliki potensi kreatif. Dalam mengembangkan kreativitasnya, anak harus terus dirangsang, dilatih untuk berpikir dengan merespon dan memberi kesempatan untuk mencoba ide dan cara baru untuk memecahkan masalah," kata Reza Syarif, Division Head Stationery dan Office Supplies Division PT 3M Indonesia.

Salah satu rangkaian kegiatannya adalah workshop bagi orang tua dan guru untuk mengasah kreativitas anak dan kompetisi membuat pohon keluarga dari produk 3M yang finalnya akan diselanggarakan pada 27 Juli di Gedung Serbaguna Senayan yang akan memilih 100 karya terbaik dari 935 karya yang masuk untuk mendapatkan hadiah senilai Rp55 juta.

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2013973/asah-kreativitas-anak-dimulai-memberi-rasa-aman