Rabu, 10 Juli 2013

Alasan Seseorang Perlu Terapi Chiropractic

Alasan Seseorang Perlu Terapi Chiropractic

(Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Liputan6.com, Jakarta : Tanpa disadari, gaya hidup ataupun kebiasaan sehari-hari akan menyebabkan struktur tulang belakang kita berubah. Hal ini bukan hanya dialami orang dewasa, bahkan sejak lahir kemungkinan sakit akibat tulang belakang itu ada. Maka itu, apakah chiropractic perlu?

Untuk memecahkan masalah tersebut, ahli chiropractic asal New Zealand Joanna Wilson, D.c dari chiropractic Indonesia mengungkapkan bahwa tulang belakang ini spesial karena terhubung dengan seluruh sistem saraf pada tubuh.

"Ada banyak posisi tulang belakang yang tidak sesuai dan sendi tulang belakang bahkan sejak lahir. Hal ini akan menyebabkan Anda tidak lentur (fleksibel) dan sulit bergerak normal. Dan ini berarti ada gangguan pada sistem saraf, serta fungsi jaringan dan organ tidak bekerja maksimal,"jelas Joanna yang ditemui Liputan6.com di Gandaria City, Jakarta, Selasa (9/7/2013).

Joanna menjelaskan bahwa orang memiliki masalah pada tulang belakang bukan hanya orang dewasa dan lansia. Tapi juga anak-anak dan bahkan sejak lahir.

"Bukan hanya pada proses kelahiran normal, tapi caesar juga ada tindakan ketika dokter menarik kepalanya. Hal ini bisa saja menyebabkan bahunya tinggi sebelah,"ungkapnya.

Setelah itu pada proses menyusui, bayi tidak boleh diberikan ASI hanya dari satu payudara. Ini akan menyebabkan kepalanya miring dan sulit menoleh. Selain itu bayi akan terus rewel dan orangtua hanya bisa memberinya ASI. Padahal belum tentu ia lapar.

"Hal ini akan kembali berulang setelah ia mulai besar dengan belajar merangkak dan berjalan. Pada masa ini, seorang anak kira-kira akan jatuh sebanyak 2500 kali sampai akhirnya ia bisa berjalan sempurna,"jelasnya.

Tidak cukup sampai disitu, ketika ia sudah bisa berjalan, pasti ia juga pernah jatuh. Misalnya saat bermain sepeda. Hal ini akan terus berulang sampai dewasa. Ditambah lagi kebiasaan hidup yang buruk, misalnya membawa tas terlalu berat, posisi duduk yag salah, merokok bahkan kebiasaan kecil yang berbahaya namun jarang diperhatikan.

"Dengan terapi chiropractic, seseorang akan mengetahui apa yang terjadi pada tubuhnya secara fisik. Karena jika otak dan sistem saraf bekerja efektif, tubuh akan bekerja lebih baik, sehingga kesehatan akan optimal,"tambahnya.

(Fit/Abd)

Source : http://health.liputan6.com/read/634475/alasan-seseorang-perlu-terapi-chiropractic