Rabu, 03 Juli 2013

Agar Si Kecil Tetap Aktif Selama Liburan


KOMPAS.com - Libur sekolah bukan berarti waktu bebas bagi si kecil untuk bermalas-malasan, duduk di depan televisi seharian. Demi menghindari obesitas yang merupakan akar dari semua penyakit, Anda harus membuatnya tetap aktif.

Hanya saja, mengajak anak tetap aktif bergerak mungkin bukan pekerjaan yang mudah, terutama bila anak sudah terlanjur lekat dengan gadget dan Anda juga masih disibukkan dengan pekerjaan selama libur sekolah. Namun jangan khawatir, dengan beberapa strategi berikut, Anda bisa menyempatkan melakukan aktivitas fisik bersama si kecil.

1. Rencanakan aktivitas fisik outdoor
Tidak punya waktu? Anda masih punya sore hari atau akhir pekan. Melakukan kegiatan outdoor seperti berenang, bersepeda, atau sekedar joging di taman bersama si kecil tentu akan menjadi momen berharga.

2. Ikut kelas bersama
Cari kelas yoga atau aerobik di sekitar area tempat tinggal yang menawarkan program untuk dewasa sekaligus anak-anak bersama-sama. Ikut kelas bersama akan membantu menjalin kedekatan Anda dengan si kecil.

3. Tata ulang ruang keluarga
Ruang keluarga umumnya dibuat senyaman mungkin sehingga memicu kita untuk bermalas-malasan di dalamnya. Namun sebenarnya ruang keluarga dapat diatur menjadi ruang untuk berolahraga, seperti menyediakan matras untuk pilates atau yoga, atau menempelkan pesan pengingat untuk membatasi waktu menonton TV, dan sebagainya.

4. Lakukan pekerjaan rumah tangga bersama
Daripada membiarkan satu orang untuk melakukan pekerjaan rumah, lebih baik lakukan bersama seluruh anggota keluarga. Selain lebih mudah, cepat, pekerjaan menjadi lebih menyenangkan.

Libatkan si kecil untuk belajar melakukan pekerjaan rumah, dimulai dari yang ringan seperti mengelap meja atau memasukkan pakaian kotor ke mesin cuci. Agar tidak bosan, putar musik menyenangkan saat melakukannya.

Source : http://health.kompas.com/read/xml/2013/07/03/1123575/Agar.Si.Kecil.Tetap.Aktif.Selama.Liburan