Selasa, 30 Juli 2013

Beranda » » 5 Makanan Penangkal Sinar UV

5 Makanan Penangkal Sinar UV

TEMPO.CO, Jakarta - Melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari merupakan salah satu bagian penting dalam perawatan kulit. Bukan hanya melindungi agar kulit tidak terbakat, melainkan juga melindungi kulit dari risiko kanker kulit. Upaya melindungi kulit dari paparan sinar matahari bisa dilakukan dengan menggunakan tabir surya. Selain itu, asupan makanan juga perlu dijaga. Berikut ini lima makanan yang bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari seperti dikutip dalam laman Daily Health Post, Selasa, 23 Juli 2013.

1. Semangka
Semangka tidak hanya menyegarkan tubuh di saat panas menyengat, tetapi juga merupakan sumber lycopene, yakni senyawa antioksidan yang membantu mengurangi proliferasi radikal bebas di kulit. Berkurangnya radikal bebas berarti berkurang pula sel-sel yang rusak. Kerusakan sel ini merupakan penyebab utama tumbuhnya sel kanker.

2. Tomat
Seperti halnya semangka, tomat juga kaya akan lycopene. Selain membantu menjaga kulit dari kanker, tomat juga membantu mengurangi sengatan matahari sejak pertama kali. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2001 menunjukkan, peserta studi yang mengonsumsi tomat selama 10 minggu secara teratur memiliki risiko terkena sengatan matahari 40 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yanng tidak mengonsumsinya.

3. Delima
Delima juga salah satu sumber antioksidan terbaik. Antioksidan dalam buah delima sangat baik untuk pertahanan dalam melawan sinar UVB, dan telah terbukti mengurangi insiden biomarker pra-kanker pada sel-sel kulit. Delima juga dapat memberikan perlindungan anti-inflamasi pada kulit.
 
4. Ikan salmon
Salmon adalah salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3. Omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit setelah terkena paparan sinar matahari. Selain itu, omega-3 juga mencegah dan memperbaiki kerusakan pada tingkat sel.Tidak hanya omega-3, kandungan lemak, protein, dan selenium dalam salmon juga dapat membantu regenerasi kulit.

5.Paprika
Paprika merah, oranye, dan kuning, mengandung lycopene dan betakaroten. Keduanya adalah fitokimia yang menjaga kulit dari sinar UV. Betakaroten dalam paprika akan melindungi kulit dari iritasi dan mengurangi dampak akibat sengatannya. Tidak hanya paprika, buah dan sayuran berwarna merah dan oranye lainnya juga kaya betakaroten.

DAILY HEALTH POST | ANINGTIAS JATMIKA

Topik Terhangat

Gempuran Buku Porno| Anggita Sari | Bisnis Yusuf Mansur | Kursi Panas Kapolri | Bursa Capres 2014

Berita lain:
Dugaan Keterlibatan Hakim Diusut dalam Kasus Mario
KPK Akui Kubu Hotma Ngga Sreg Ada Penggeledahan
Sidang MA Terbuka, DPR: Bohong!

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/29/110500536/5-Makanan-Penangkal-Sinar-UV