Kamis, 04 Juli 2013

5 Fakta Unik tentang Bayam

5 Fakta Unik tentang Bayam

Petani memanen bayam di Desa Grogol, Depok, Jabar, Rabu (10/02). Harga bayam megalami kenaikan dari Rp. 400,00 per-ikat kecil menjadi Rp. 700,00 per-ikat hal ini dikarenakan sayuran yang cepat membusuk akibat musim hujan. TEMPO/Ayu Ambong

TEMPO.CO, Jakarta - Bayam, dipercaya mampu memberikan kekuatan untuk tubuh, seperti pada Popeye yang tiba-tiba kuat dan berotot hingga ia mampu mengalahkan Brutus yang jahat. Namun ternyata, kandungan zat besi (yang dipercaya mampu memberi kekuatan pada tubuh) di bayam, tidak sebesar yang diperkirakan. Meskipun demikian, bayam tetap penting untuk tubuh. Berikut fakta unik tentang bayam, seperti dilansir dari situs Daily Mail, Rabu, 3 Juli 2013.

1. Bayam merupakan tanaman asli daratan tengah dan barat daya Asia. Bayam hanya tumbuh setinggi 30 cm.

2. Bayam pertama kali muncul di Inggris pada abad ke-14. Dengan cepat, bayam menjadi populer di awal musim semi karena kala itu sayuran sangat langka.

3. Meskipun mitos minimnya zat besi pada bayam telah beredar sejak tahun 1937, nyatanya tentara Prancis berbekal anggur dan jus bayam kala bertempur dalam Perang Dunia Pertama.

4. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu porsi bayar rebus (180 gr) mengandung 6,43 miligram zat besi. Sementara dalam 170 gr hamburger, terkandung 4,42 miligram zat besi. Ini menunjukkan kandungan zat besi dalam bayam tidak terlalu besar.

 5. Bayam mengandung jenis zat besi yang menghambat penyerapan vitamin. Bayam juga tinggi oksalat, yang bisa memicu batu ginjal dan nyeri. Ini menunjukkan, sebagian besar zat besi dalam bayam tidak berguna bagi tubuh.

Oleh sebab itu, bayam harus diperlakukan dengan spesial untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, misalnya dengan memilih bayam yang segar, segera memakannya setelah dimasak, dan tidak memanaskannya.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA

Topik Terhangat:
Tarif Progresif KRL | Bursa Capres 2014 | Ribut Kabut Asap | PKS Didepak? | Puncak HUT Jakarta

Berita Terpopuler:
PAN Tolak RUU Ormas, 'Pecat Besan!' 
Ada SBY, Tepuk Tangan Meriahnya untuk Jokowi
Rumah Banyak, Satu yang Jadi Favorit Djoko Susilo
Suswono: Bodohnya Pengusaha Bisa Dibohongi AF
Demonstran Wanita 'Diraba-raba' di Tahrir Square 

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/04/060493533/5-Fakta-Unik-tentang-Bayam