Kamis, 11 Juli 2013

40 Persen Wanita Edit Foto Diri Sebelum Diunggah

TEMPO.CO, London - 'Sadar penampilan' menjangkiti kaum wanita hingga ke ranah internet. Menurut satu survei, empat dari sepuluh atau lebih perempuan mengedit foto mereka dulu sebelum diunggah secara online ke Facebook, Twitter, atau Instagram.

Studi ini menemukan bahwa hampir delapan dari sepuluh wanita (77 persen) mengatakan mereka lebih mencemaskan foto yang diunggah ke situs jejaring sosial tanpa diedit daripada harus berbicara di depan umum. Alasan yang sama juga dikemukakan, jika diperbandingkan dengan kecemasan saat melakukan kencan pertama atau pergi ke satu wawancara kerja.

Hampir tiga perempat dari mereka bahkan menghancurkan foto karena "terlihat terlalu jelek".

Temuan lain dalam survei yang dihajat untuk satu produk perawatan tubuh ini menyatakan hampir setengah (46 persen) wanita menghapus tag atau foto, sedangkan 41 persen lainnya mengedit ulang sebelum mengunggah kembali.

Dibanding beberapa negara, survei membuktikan perempuan Inggris yang paling tak percaya diri dengan penampilannya di ranah jejaring sosial. Ketika dihadapkan dengan  foto dirinya, 75 persen melihatnya secara  negatif, menganggap diri 'tidak menarik', 'jelek', atau 'terlalu gemuk'.

Seorang juru bicara produk kecantikan, Dove, yang melakukan penelitian, mengatakan kaum wanita semakin kritis terhadap penampilan dirinya. Penampilan, katanya, berdampak pada harga diri, kepercayaan dan kebahagiaannya.

""Kami ingin menginspirasi perempuan untuk mempertimbangkan kembali keindahan dan mengakui bahwa mereka lebih indah daripada yang mereka pikirkan," katanya dalam sebuah pernyataan. "Kami percaya bahwa mendorong perempuan dan generasi berikutnya untuk mengembangkan hubungan positif dengan kecantikan dapat membantu meningkatkan harga diri mereka dan dengan demikian membantu mereka mencapai potensi penuh mereka."

MAIL ONLINE | TRIP B
Topik Terhangat:
Karya Penemu Muda| Bursa Capres 2014| Ribut Kabut Asap| Tarif Progresif KRL| Bencana Aceh

Terpopuler:
5 Manfaat Berciuman bagi Kesehatan
Korupsi Simulator, KPK Periksa Lagi Jenderal Nanan
Demi Kebersihan, Kini Ada Urinoir dengan Wastafel
Ini Alasan Kuba Terima Permintaan Suaka Snowden
Pemain Muslim Mengubah Liga Inggris
Simulator SIM, Ini Pertanyaan KPK untuk Nanan

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/10/110495078/40-Persen-Wanita-Edit-Foto-Diri-Sebelum-Diunggah