Selasa, 23 Juli 2013

15 Teknik Hadapi Masalah yang Berakar dari Pikiran Bawah Sadar

Oleh Melly Febrida

Posted: 23/07/2013 16:00

TOPIK #Kanker #Hipnoterapis #Hipnosis

15 Teknik Hadapi Masalah yang Berakar dari Pikiran Bawah Sadar

salud180.com

Liputan6.com, Jakarta : Teknik pengobatan ada bermacam-macam. Salah satunya dengan MindBody Medicine yang mengobati mental seperti kepercayaan yang bisa memengaruhi kesehatan. Konsep Mindbody Medicine itu didasarkan pada keyakinan manusia.

artikel terkait

Pisau Bedah yang Bisa Deteksi Kanker dari Asapnya

Pisau Bedah yang Bisa Deteksi Kanker dari Asapnya

Penyebab Kanker Bukan Cuma Rokok Tapi Juga Obesitas

Penyebab Kanker Bukan Cuma Rokok Tapi Juga Obesitas

"Tubuh fisik hanyalah manifestasi dari pikiran yang berkerja jauh lebih halus dan seringkali tidak disadari. Maka fokus Mindbody Medicine adalah interaksi antara pikiran dan tubuh fisik," kata penulis buku The Miracle of MindBody Medicine, DR Adi W Gunawan, CCH., yang dikutip Liputan6.com, Selasa (23/7/2013).

Ada beberapa teknik dalam MindBody Medicine yang sering digunakan untuk menghadapi masalah-masalah yang berakar di pikiran bawah sadar.

1. Doa

Intervensi Mindbody paling kontroversial, yang berhubungan dengan iman, keyakinan, agama, dan kepercayaan, terhadap kekuatan yang lebih tinggi dibanding manusia.

2. Psikoterapi

Intervensi dengan komunikasi, umumnya secara verbal oleh seorang profesional, kebanyakan dengan pendekatan cognitive-behavioral yang diikuti pendekatan interpersonal.

3. Gambaran mental

Intervensi dengan imajinasi melalui kegiatan kreatif sesuai kebutuhan klien, antara lain dengaan gambar, memori, suara, sensasai perabaan, bebauan.

4. Hipnoterapi

Terapi yang dilakukan dengan teknik atau pendekatan apa saja di dalam atau dengan bantuan kondisi pikiran yang sangat rileks, untuk menjangkau pikiran bawah sadar

5. Self talk positif

Intervensi dengan kata-kata, kalimat positif dan dialog dengan diri sendiri yang konstruktif untuk memberikan label atau menerjemahkan pikiran, perasaan, keyakinan, dan pengalaman diri.

6. Meditasi

Intervensi melalui praktik atau latihan pikiran supaya menjadi rileks, tenang dan fokus sehingga dapat melepaskan keterikatan pada pikiran dan perasaan dengan menempatkan kesadaran pada saat ini, sekarang

7. Biofeedback

Intervensi yang dilakukan melalui praktik mengawasi aktivitas fisik atau mental dengan menggunakan instrumen tertentu, untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi fisik atau mental yang dalam keadaan normal yang tak disadari

8. Seni atau art therapy

Intervensi melalui ekspresi emosi atau jiwa dengan karya seni antara lain seni musik, seni plastik, seni akting, dan seni lukis.

9. Yoga

Intervensi melalui latihan penyatuan jiwa dengan spirit alam semesta, menggunakan teknik pernapasan dan gerakan tertentu untuk mengendalikan tubuh.

10. Energy focus

Intervensi melalui pemfokusan energi yang dilakukan secara sadar atau sengaja untuk penyembuhan. Baik itu dengan menggunakan energi klie, penyembuhan atau sumber lain yang lebih tinggi maupun alam semesta seperti reiki, prana, qi qong, healing science, huna).

11. Support group

Intervensi yang melibatkan interaksi psikoterapeutik yang diarahkan secara profesional, biasanya 3-9 orang yang membantu mengelola kondisi kesehatannya.

12. Humor dan tertawa

Intervensi melalui praktik tertawa, menikmati humor yang dilakukan kapan saja di dalam grup atau sendiri dengan bantuan film atau bacaan.

13. Menulis kreatif

Intervensi yang dilakukan melalui menulis ekspresif sebagai bentuk ekspresi diri untuk mengeluarkan emosi dan pikiran melalui kata dan cerita.

14. Puisi

Intervensi psikoterapi dengan cara menciptakan gambar melalui koneksi kata dan biasanya dipraktikkan oleh orang yang menyukainya, tanpa harus tahu lebih dulu teori menulis puisi.

15. Respons rileksasi

Peristiwa psikofisiologis yang terwujud dalam bentuk respons parasimpatik, antara lain dengan konsentrasi yang menggunakan objek kata atau doa sebagai mantra, meditasi adalah intervensinya sedangkan respons rileksasi adalah hasilnya.

(Mel/*)

BERITA rekomendasi

  • 10 Kebodohan Duo Bomber Boston Sehingga Mudah Dilacak
  • Jokowi Putuskan Pemenang Tender Proyek MRT Siang Ini
  • Rafael Benitez Tuntut Skuatnya Main Bagus
  • Google Peringati Kelahiran Ratu Jazz Legendaris Ella Fitzgerald
  • Kostum yang Pas Buat Haiking Kala Cuaca Panas

artikel populer

  • Wanita 43 Tahun Lebih Senang Bercinta dengan `Brondong` Perjaka
  • Bocah 10 Tahun Tangkap Basah Ayah Sendiri Tengah ML dengan Ayam
  • Bayi Lelaki , Anak Pertama dari Pangeran Wiliam-Kate Middleton
  • Panggilan Tak Sengaja Bongkar Perselingkuhan
  • Buah Zakar Bisa Deteksi Rasa Manis

Source : http://health.liputan6.com/read/647029/15-teknik-hadapi-masalah-yang-berakar-dari-pikiran-bawah-sadar