Minggu, 07 Juli 2013

1001 Cara Tingkatkan Kemampuan Penglihatan Mata

HAMPIR setengah hari-hari kita dihabiskan untuk membaca teks, berhadapan dnegan layar komputer, atau menonton layar LED televisi. Semua itu mengarah pada kelelahan mata dan bila dibiarkan begitu saja bisa membuat fungsi mata menurun.

Namun tak usah panik, asal Anda mengetahui cara meningkatkan penglihatan mata dan membiasakan dikeseharian, risiko itu bisa Anda hindari.

Nah, bila Anda masih bingung cara apa saja yang bisa meningkatkan pandangan mata? Dr. Vijay Bhatt seorang dokter spesialis mata memberikan kiat untuk mempertajam penglihatan mata, hingga Anda bisa melihat apapun didepan sampai di umur tua sekalipun, sebagaimana dilansir Healtmeup:

Melakukan latihan relaksasi

Salah satu latihan relaksasi sederhana yang dapat dilakukan untuk kesehatan mata Anda ialah menempatkan tangan Anda bersama-sama dengan cairan kandungan kelapa sawit dan menggosok hingga muncul rasa panas. Menempatkan cairan kelapa sawit di atas mata dan memungkinkan mata Anda untuk istirahat dan santai. Namun, harus diingat jangan biarkan cahaya masuk setiap kali Anda melakukan ini. Sementara untuk waktu kegiatan Anda bisa melakukannya setiap kali Anda memiliki waktu luang saat waktu siang.

Mengedipkan mata Anda secara rutin

Terus-menerus mengedipkan mata Anda ialah cara sangat sederhana namun ampuh menjaga mata jadi segar dan terhindari kelelahan mata. Di mana pengguna komputer cenderung sangat kurang mengedipkan mata mereka , sehingga sangat dianjurkan untuk mereka mengikuti mengedipkan mata selama tiga sampai empat detik.

Menatap kejauhan

Sebagian besar korban pengguna komputer mengalami gangguan penglihatan jauh. Namun tak usah cemas, untuk memperbaiki kondisi mata atau menghindari gangguan ini dikemudian hari, Anda bisa menatap sesuatu yang berjarak jauh selama lima detik, setiap 30 sampai 45 menit sekali. Teknik ini dapat membantu Anda meningkatkan fokus Anda dari objek yang jauh.

Cuci mata

Bila Anda merasa mata Anda sangat tegang pada suatu kondisi, pergilah ke kamar mandi dan cucilah mata secara kesuluruhan. Kemudian jadikan ini kebiasaan sehari-hari. Pasalnya mencuci mata dapat membantu meringankan mata dari stres yang berlebihan.

Melakukan olahraga gerakan mata '8'

Berlatih menggerakan mata pada pola angka '8 'akan membantu meningkatkan fleksibilitas mata Anda. Di mana Anda bisa memulai dengan membayangkan sosok raksasa angka 'delapan' di depan Anda. Kemudian perlahan-lahan menyusuri lekuk-lekukan angka delapan atatu '8'.

Melakukan latihan pembesaran

Cara untuk melakukan latihan ini, pertama Anda harus merentangkan kedua tangan sampai setinggi bahu. Kemudian berfokuslah pada ibu jari ditangan Anda, dan lalu bawa ibu jari Anda lebih dekat dengan mata Anda sampai sekira tiga inci didepan wajah. Kemudian, perlahan rentangkan lagi kedua tangan Anda ke posisi semula, dengan tetap berfokus pada ibu jari Anda. Begitu terus Anda lakukan selama beberapa detik.

Melakukan jalan pagi

Bangun pagi-pagi dan langsung melakukan jalan pagi sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Di mana teknik Anda membuat mata Anda jadi segar dan santai.

Jangan terlalu tergantung pada kacamata

Kacamata hanya memperbaiki penglihatan Anda yang sudah memburuk. Ini tak akan memperbaiki penglihatan Anda. Dengan demikian, Janganlah bergantung pada kacamata terlalu sering. (tty)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/07/486/833163/1001-cara-tingkatkan-kemampuan-penglihatan-mata