Minggu, 09 Juni 2013

Wamenkes serahkan bantuan CSR ke Sumbar

Padang (ANTARA News) - Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti menyerahkan bantuan berbagai perlengkapan dan obat-obatan dari dana tqanggung jawab sosial perusahaan atau "corporate social responsibility" kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

Penyerahan bantuan oleh Wemenkes dilakukan pada kunjungan kerja mengikuti rombongan Wapres RI Boediono ke Sumatera Barat pada 8--9 Juni 2013 dalam salah satu pertemuan dengan pegiat PNPM, kader Posyandu, dan Penyuluh Keluarga Berencana (KB) di halaman Kantor Gubenrur, Sabtu.

CSR Kemenkes yang diterima Kepala Dinkes Sumbar Rosnini Savitri ikut disaksikan Wapres, Mendagri Gamawan Fauzi, Menpora Roy Suryo, Gubernur Irwan Prayitno dan para pejabat lainnya.

Jenis bantuan yang disalurkan sebanyak empat ton makanan pendamping ASI kepada Kota Padang, Pasaman Barat, Pasaman dan Dharmasraya.

Paket logistik untuk pengendalian malaria berupa 13.342 buah kelambu, sebanyak 13.340 unit alat diagnosa cepat, dan tujuh paket laboratorium kit.

Kemudian sebanyak 1.200 paket obat anti malaria sebanyak 100 kit untuk pos pembinaan terpadu di Puskesmas kepada Dinkes Sumbar.

Berikutnya tiga set "food contamination" kit kepada Kota Padang dan Limapuluh Kota, serta Solok. Sebanyak 19 paket buku program Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP-PL) kepada seluruh kabupaten/kota di Sumbar.

Selanjutnya satu paket media promosi kit, dan lima paket bantuaan obat dan perbekalan palayanan untuk kesehatann dasar kepada Dinkes Sumbar.

Ali juga menyerahkan sebanyak 10 paket bidan kit dan satu unit ambulance transportasi kepada Dinkes Sumbar.

Dalam kesempatan itu, juga ada penyerahan CSR oleh Dirut PT. Semen Padang Munadi Arif kepada Pemkot setempat sebesar Rp300 juta berupa untuk perbaikan tiga jembatan di kota itu.

Wamenkes mengatakan, dulu masyarakat miskin dilarang berobat, tapi belakangan dibebaskan bayar atau gratis berobat pada rumah sakit ditetapkan.

Menurut dia, apabila ada masyarakat miskin di daerah yang tidak mendapatkan pelayanan baik dari rumah sakit, dipersilakan melapor ke nomor kontak 500567.

Dalam kunjungan Wapres juga menyerahkan bantuan CSR untuk beasiswa kepada pelajar SMA 1 Padang dari bank-bank BUMN sebagai pelaksana penyalur kredit usaha rakyat dengan jumlah sekitar Rp1 miliar lebih.(KR-SA/N002)

Source : http://www.antaranews.com/berita/379035/wamenkes-serahkan-bantuan-csr-ke-sumbar