Sabtu, 15 Juni 2013

Vietnam pun Pusing Atasi Demam Berdarah Dengue

Vietnam pun Pusing Atasi Demam Berdarah Dengue

english.vietnamnet.vn

Liputan6.com, Demam berdarah dengue adalah penyakit serius dan dan termasuk kasus medis besar yang menjadi keprihatinan utama di negara berkembang, terutama di kalangan negara anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), termasuk Vietnam.

Demikian dikatakan Wakil Menteri Kesehatan dari Kementerian Kesehatan Vietnam (MOH) saat Konferensi Demam Berdarah Dengue Ke-13 ASEAN yang diluncurkan di Hanoi pada Jumat 14, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (15/6/2013).

Saat ini, demam berdarah dengue menjadi keprihatinan besar, bukan hanya di tingkat nasional atau regional, tapi juga di seluruh dunia, yang mengharuskan koordinasi erat global guna memerangi dan mencegah.

Konferensi berjudul "United ASEAN, for community without dengue" ini memaparkan 15 laporan mengenai beragam topik, termasuk peningkatan kerja sama di wilayah tersebut dalam mencegah dan memerangi dengue, meningkatkan kemampuan dalam memerangi dan mencegah demam berdarah dengue dengan cara efektif serta berkesinambungan, antara sektor kesehatan pemerintah, swasta dan sektor lain dalam menproduksi vaksin antidengue.

Demam berdarah dengue saat ini dilaporkan ada di lebih dari 100 negara, dan sebanyak 2,5 miliar orang hidup di daerah yang paling rentan penularan penyakit tersebut. Di antara mereka, sebanyak 1,8 miliar orang (70 persen) di wilayah Asia Pasifik.

Menurut MOH, sebelum tahun 2000, demam berdarah dengue termasuk di antara penyakit menular di Vietnam, yang setiap tahun menyerang sebanyak 300.000 kasus dengan lebih dari 300 kematian. Jumlah itu sekarang berkurang jadi sebanyak 100.000 dan 100 kematian.

Source : http://health.liputan6.com/read/613655/vietnam-pun-pusing-atasi-demam-berdarah-dengue