Rabu, 19 Juni 2013

Venezuela Bakal Larang Pemberian Susu Botol untuk Bayi

Venezuela Bakal Larang Pemberian Susu Botol untuk Bayi

(foodbeveragetrade.com)

Liputan6.com, Kongres Venezuela akan merapatkan undang-undang yang akan melarang pemberian susu botol kepada bayi guna mendorong pengutamaan air susu ibu (asi) dan mengurangi konsumsi susu formula, kata anggota parlemen dari Partai Sosialis yang berkuasa.

Legislator Odalis Monzon mengatakan, pengajuan RUU yang akan "melarang seluruh jenis susu formula bayi" merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas kesehatan anak-anak.

"Kami ingin meningkatkan rasa cinta (antara ibu dan anak) karena hal ini telah hilang akibat promosi besar-besaran perusahaan transnasional," kata Monzon di televisi milik pemerintah seperti dikutip dari Reuters, Selasa (18/6/2013).

Ia mengatakan, UU Promosi dan Dukungan terhadap Ibu Menyusui, disahkan pada 2007, namun tidak mencantumkan sanksi atas penggunakan susu formula. Meski demikian, ia tidak mengatakan sanksi apa yang akan diterapkan apabila amandemen disahkan oleh Kongres, tempat Partai Sosialis menjadi mayoritas di dalamnya.

Monzon mengatakan, tetap ada pengecualian, seperti kasus kematian ibu melahirkan atau perempuan yang memiliki keterbatasan produksi ASI, sebagaimana diatur oleh Kementerian Kesehatan.

Sayang dirinya tidak menjelaskan secara detail, termasuk berapa lama seorang bayi perlu disusui oleh ibunya.

Legislasi semacam itu diperkirakan akan memancing amarah simpatisan oposisi yang mengatakan pemerintahan mendiang Presiden Hugo Chavez kian lama semakin memasuki ruang-ruang privat masyarakat.

"Rakyat bebas memberi asupan makanan kepada anak-anak mereka sebagaimana yang mereka anggap baik," kata Ingrid Rivero, seorang ibu berumur 27 tahun di Caracas. "Putri saya berhenti mengonsumsi ASI semenjak berumur tujuh bulan. Apa yang harus saya lakukan? Memaksa dia?"

Sekutu Chavez, Nicolas Maduro, yang terpilih menjadi pengganti setelah gurunya meninggal akibat kanker, telah bersumpah akan melanjutkan revolusi 14 tahun sang pendahulunya yang menikmati dukungan besar di tengah kemiskinan negaranya.

Source : http://health.liputan6.com/read/616177/venezuela-bakal-larang-pemberian-susu-botol-untuk-bayi