Selasa, 18 Juni 2013

'Tulang Punggung Sebelah Kanan Terasa Nyeri, Kenapa Dok?'

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Dok, saya punya keluhan di bagian tulang punggung atas sebelah kanan, sudah lama, rasanya nyeri, kira-kira kenapa ya Dok?

Neks (Wanita lajang, 20 tahun)
chocho_XXX@yahoo.com
Tinggi badan 155 cm, berat badan 40 kg

Jawaban

Mbak Neks,

Keluhan nyeri di bagian tulang punggung atas sebelah kanan, bisa disebabkan oleh struktur anatomi di lokasi itu atau penjalaran dari lokasi lain. Struktur anatomi tersebut, yaitu: jaringan keras (tulang) atau jaringan lunak (otot, bantalan antar tulang belakang, syaraf, pembuluh darah)

Untuk menegakkan diagnosis, selain informasi yang sudah Anda sampaikan ini, kami perlu memberikan pertanyaan-pertanyaan lain yang lebih mendetil dan melakukan beberapa pemeriksaan, yaitu: pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan fisik dikerjakan oleh dokter dengan cara melihat (inspeksi), meraba (palpasi), mengetuk (perkusi), maupun mendengar (auskultasi).

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan penunjang untuk memperjelas penyebab keluhan sekaligus menyingkirkan dugaan-dugaan penyebab keluhan yang lain. Pemeriksaan penunjang dapat berupa pemeriksaan radiologi, laboratorium darah, urine, dan sebagainya.

Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis orthopaedi di Rumah Sakit terdekat untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut

Benedictus Megaputera, dr.SpOT, MSi

Spesialis Orthopaedi & Traumatologi, Sub Spesialis Sports Medicine & Arthroscopy
Dosen Tetap di Fakultas Kedokteran Unika Widya Mandala Surabaya.
Anggota dari: Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Ahli Bedah Orthopaedi Indonesia (PABOI), Indonesian Orthopaedic Society for Sports Medicine & Arthroscopy (IOSSMA)
Praktik: Klinik Spesialis Bethany Care, Jl. Nginden Intan Timur I/ 29, Surabaya, Telp 031-5912727 (hunting)
Follow twitter @SbyKneeCenter

(hrn/vta)

Punya Pertanyaan Seputar Kesehatan? Silahkan Klik di Sini

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2d7111e6/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A60C180C1713350C22771140C150A30Ctulang0Epunggung0Esebelah0Ekanan0Eterasa0Enyeri0Ekenapa0Edok/story01.htm