Sabtu, 15 Juni 2013

Tips Sederhana untuk Hidup Lebih Sehat

INILAH.COM, Jakarta - Ada beberapa ungkapan yang selalu menekankan untuk melakukan perubahan demi hidup lebih sehat.

"Jaga kesehatan badan, hanya dengan melakukan hal-hal yang sederhana. Maka tak ada alasan lagi untuk enggan menjaga kesehatan diri sendiri."

Dilansir Cosmopolitan, berikut beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan agar lebih sehat.

1. Menurut penelitian, mengksumsi teh oolong tiga kali sehari dapat mengurangi rasa gatal dan gejala - gejala lain yang timbul akibat eksim karena senyawa polyphenol yang terkandung dalam teh oolong.

2. Sakit kepala? Jangam buru-buru panik dan mengkonsumsi obat-obatan pereda sakit kepala. Cobalah terlebih dahulu oleskan pepermint oil, balsam, atau minyak kayu putih di pelipis Anda. Ketiganya mengandung menthol yang bersifat analgesik.

3. Atasi gangguan pernapasan dan dada dengan mengkonsumsi jahe. Caranya? Parut satu ruas jahe, kemudian masukkan ke dalan dua cangkir air mendidih selama 10 menit, lalu saring dan tambahkan madu.

4. Saat Anda kehabisan energi, Anda harus paksakan untuk istirahat dan tidur sejenak agat tenaga pulih lembali.

5. Menurut beberapa penelitian, menghirup aroma daun roaemary dapat meningkatkan memori serta kewaspadaan Anda. Untuk menjaga agar konsentrasi tetap tajam, cobalah mencoum rosemary segar atau minyak esensial rosemary sebelum ujian atau meeting.

6. Rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan bakteri baik dapat mengembalikan keseimbangan bakteri yang hidup dalam saluran kewanitaan dan menghambat pertumbuhan jamur dan ragi. Pilih makanan yang difermentasi secara alami, seperti seuerkraur, kimchi,kefir, dan yoghourt.

7. Makanan pahit seperti daun pepaya, pare, dan kale memang suklt untuk memanjakan lidah Anda, padahal khasiatnya ternyata cukup banyak, di antaranya membantu pencernaan, melawan radikal bebas, mengusir racun dalam liver serta mengurangi ketagihan akan gula.

8. Untuk mengatasi mata, Anda bisa perbanyak mengonsumsi ikan laut, salmon, sarden, dan makarel yang kaya akan asam lemak omega 3 yang salah satu fungsinya untuk membantu tubuh memproduksi air mata.

9. Orang yang menjalankan pola diet tinggi kalium memiliki risiko kecil menderita tekanan darah tinggi. Selain itu, buah-buahan sarat kalium, seperti pisang, melon, dan jeruk baik untuk jantung.

10. Untuk mengurangi stres, yang mengganggu tidur tuangkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam bak mandi. Pasang musik yang santai untuk membuat mandi Anda lebih rileks lagi.

11. Lawan bau mulut dengan lebih rajin membersihkan lidah Anda. Riset membuktikanbahwa kebiasaab menyikat lidah memiliki efektivitas lebih tinggi dalam menghilangkan bau mulut dari pada hanya menyikat gigi saja.

12. Selain berfungsi mengobati jerawat, ternyata tea tree juga ampuh melawan kutu air karena kandungan antiseptik yang dimilikinya. Oleskan sedikit tea tree oil dua atau tiga kali sehari pada bagian kaki yang terkena kutu.air hingga sembuh.

13. Kebiasaan Anda memgobrol rupanya baik untuk otak. Menurut penelitian terkini, obrolan singkat selama 10 menit sehari bisa meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki memori.

14. Kabar gembira.bagi penggemar Japanese.food, karena jamur shiitake dan wasabi yang biasa ada di hidangan Jepang mengandung senyawa yang bisa melawan bakteri penyebab plag dan karang gigi.

15. Migren menyerang dan tak ada satupun obat di laci meja Anda? Jangan panik, minumlah segelas penuh air

Kemudian berbaring sejenak sambil kenakan penutup mata, lalu bernapaslah dalam-dalam.

16. Menjaga hubungan pertemanan dipercaya bisa membuat usia lebih panjang. Orang yang memilki hubungan baik dengan teman dan kerabat memiliki resiko serangan jantung yang cukup rendah.

17. Musim flu di mana-mana. Cara paling jitu untuk mencegahnya adalah dengan rajin mencuci tangan. Gunakan sabun biasa dan air bersih, lalu gosok kedua telapak tangan Anda selama kurang lebih satu menit hingga bersih.

18. Tingkatkan vitamin D dalam tubuh bisa dicek dengan cepat melalui tes darah. Vitamin D sama artinya dengan kalsium dalam penyokong tulang Anda. Perbanyak asupan vitamin D harian hingga 1000 IU per hari melalui makanan dan suplemen.

19. Jika bermasalah dengan kulit kering, maka sudah saatnya Anda memasukkan avokad dalam menu diet Anda. Buah yang creamy ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang keduanya bisa membuat kulit lebih sehat.

20. Redakan gangguan pencernaan dengan menyesap secangkir teeh pepermint selepas makan. Pepermint terbukti dapat meningkatkan kinerja empedu sehingga makanan dapat diproses lebih cepat.

21. Setelah berolahraga, tubuh mengalami fase yang disebut 'The golden hour, saat otot menyerap nutrisi secara maksimal dan glikogen diubah menjadi energi. Nah, ada baiknya Anda mengkonsumsi roti gandum dengan olesan selai kacang, atau yohurt dengan granola yang sarat akan protein dan karbohidrat. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2000118/tips-sederhana-untuk-hidup-lebih-sehat