Kamis, 13 Juni 2013

Tip Membuat Balita Aktif

TEMPO.CO, Jakarta -Balita selalu ingin bergerak kesana kemari. Meski Anda menjadi lelah karena mengawasi mereka, bahagialah karena Anda memiliki balita yang aktif. Keaktifan akan membantu perkembangan kapasitas sosial, emosional, fisik dan kognitif pada balita. Maka, penting bagi para orang tua untuk membuat balita aktif dan terus berkembang. Berikut tips membuat balita menjadi aktif.

Makanan Sehat: Memberi balita Anda makanan yang sehat dan tepat sangatlah penting. Balita hanya akan menjadi aktif jika ia memiliki mental yang baik dan fisik yang sehat.

Bermain di luar: Ajaklah balita Anda untuk bermain di luar ruangan. Ini merupakan cara yang bagus untuk menstimulasi balita untuk menjadi aktif dan dinamis dengan mengeksplorasi alam sekitarnya.

Komunikasi: Sering mengajak balita mengobrol  merupakan cara yang efektif untuk membuatnya aktif. Mereka akan membalas suara Anda dan akan merespon dengan insting mereka sendiri. Ini akan membantu balita mempelajari bahasa dengan baik.

Mainan kreatif: Selain memberikan mainan yang lembut dan aman, Anda bisa mencoba memberikan mainan yang mengasah kreatifitas. Ini akan melatih tubuh dan otak balita. Mainan kreatif akan mendukung perkembangan balita.

Perkenalkan buku: Sebab anak Anda dalam usia balita, ini merupakan saat yang tepat untuk memperkenalkan buku. Anda bisa mencoba memberikannya buku-buku dengan gambar-gambar menarik. Buku dengan gambar-gambar lucu dan penuh warna akan cepat menarik perhatian balita.

Sajak dan lagu: Nyanyikanlah sajak dan lagu untuk balita jika Anda rasa mereka kurang aktif. Balita selalu senang meniru Anda. Maka mereka juga akan mencoba untuk mengikuti lagu dan tindakan Anda. Ini akan membuat balita tetap aktif.

Bermain dengan yang lainnya: Biarkan balita bermain bersama saudaranya, nenek dan kakek atau teman-temannya. Hal ini akan mengembangkan hubungan sosialnya dengan baik. Sehingga ia bisa tumbuh menjadi anak yang aktif.

Respon positif: Balita bukanlah saatnya banyak mengetahui hal yang benar dan salah. Jadi, berikan respon positif bagi tingkah lakunya. Memberi hukuman fisik saat ia melakukan kesalahan membuat balita menjadi tidak aktif dan dan antusias.

BOLDSKY | APRILIANI GITA FITRIA

Berita terpopuler:
iPhone 'Jadul' Tak Bisa Pakai iOS 7 
5 Keunggulan Tablet Dibandingkan Laptop
Kontrasepsi Masa Depan Gunakan Emas
Ilmuwan Temukan Molekul Anti-Kanker
Lensa Kontak Mata Canggih Siap Saingi Google Glass

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/12/060487824/Tip-Membuat-Balita-Aktif