Kamis, 20 Juni 2013

Tip Hindari Ancaman Bakteri pada Alat Makan

OKEHEALTH | DETAIL FAMILY HEALTH
Qalbinur Nawawi - Okezone
Kamis, 20 Juni 2013 17:34 wib

detail berita

Mencuci piring (Foto: Qolbi/Okezone)

ALAT makan salah satu penyumbang terbanyak kuman yang masuk dalam tubuh seseorang. Bila tak diperhatikan, ancaman penyakin non-infeksi menjadi ancaman nyata.

Adapun hal itu diungkap oleh Dr. Nurrahmiati, MKM selaku pakar kesehatan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Ia menjelaskan bila seorang tak menyadari kehigienisan alat makan yang biasanya seseorang konsumsi, penyaki sakit perut, diare dan flu bisa menjadi risiko yang sudah menunggu. Namun bila Anda selalu melakukan hal demikian, tak usah panik. Asal Anda mengetahui dan membersihkan alat dengan cara yang benar risiko tak akan dialami.

Lantas, apa saja cara yang harus dilakukan agar bakteri tak menempel di alat makanan?

Berikut ini ada tip dari Dr. Nur mengenai  menghindari ancaman bakteri pada alat makan, diantaranya sebagai berikut:

1. Alat pencuci  
Upayakanlah memilih spons pencuci yang dengan kualitas yang baik, dimana bisa menyerap air dan busa dengan dengan optimal. Sebab dengan kualitas spons yang baik saat membasuh piring kotor kotorannya mudah terangkat. Kemudian, setelah dipakai jangan sekali-kali membiarkan spons direndam oleh air tanp dibilas, pasalnya hal itu merupakan tempat bakteri berkembang. Karenanya upaykan setelah pemakaian langsung dibasuh dan dibersihkan dengan air yang mengalir. Lain itu, tak kalah penting ialah mengganti spons dua minggu sekali, hal ini karena kualitas elastisitas, dan penyerapan kotoran sudah menurun. Sehingga sangat mungkin kotoran ataupun bakteri tak terangkat semua.
 
2. Bahan pembersih
 
Usahakan untuk memilih bahan pembersih yang tepat, dan sudah terbukti menghilangkan kuman bakteri. Kemudian, jauhkan dari penggunaan 'abu gosok' ataupun hal lain yang sebenarnya kehigienisannya kurang terjamin.
 
3.Air bersih
 
Usahakan mencuci alat makan di bawah air yang mengalir. Tujuannya agar kotoran dalam alat makan lebih mudah terangkat
 
4.Tempat Menyimpan peralatan
 
Setelah alat makan Anda sudah dicuci, keringkan dengan kain yang bersih. Kemudian simpanlah di tempat yang terhindari dari debu dan binatang.
 
(tty)

  • Galakkan Kantin Sehat, 100 Kepsek Diberikan Edukasi
  • Hati-Hati, Gejala Hepatitis Tidak Terlihat
  • Delapan Kesalahan Ibu dalam Obati Anak
  • 40 Persen Pengobatan Pasien Depresi Tak Berhasil?
  • Hindari Depresi Usai Melahirkan

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/20/483/825001/tip-hindari-ancaman-bakteri-pada-alat-makan