Senin, 03 Juni 2013

Tak Hanya Lansia, Pikun Juga Incar Anak Muda

Tak Hanya Lansia, Pikun Juga Incar Anak Muda

(livescience.com)

Liputan6.com, London : Kesulitan mengingat hal-hal sederhana tidak selalu menyerang orang-orang berusia lanjut. Anak muda pun sangat berpotensi. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, salah satunya pola hidup yang tidak sehat. Makanan yang dikonsumsi pun harus lebih diperhatikan, selain itu tidur dan olahraga juga penting dilakukan.

Gejala menurunnya daya ingat pada otak ini disebabkan kurangnya asupan Omega 3, seperti dilansir Fitsugar, Senin, (3/6/2013). Untuk wanita dibutuhkan asupan sebanyak 1,1 gram (1.100 mg) per hari. Seafood adalah sumber yang sangat baik. Untuk para vegetarian yang memang tidak mengonsumsi ikan atau makanan sejenisnya rentan kekurangan omega 3.

Anda yang terlalu tinggi menerima asupan omeg 6 seperti minyak jagung, minyak kedelai, minyak saffloer, dan minyak bunga matahari juga berisiko mengalami penyakit ini. Gejala penyakit dapat dilihat dari tanda-tanda seperti:

  1. Kelelahan
  2. Memori yang buruk
  3. Kulit kering, eksim, dan rambut rontok
  4. Masalah jantung
  5. Masalah reproduksi
  6. Perubahan suasana hati atau depresi
  7. Sirkulasi yang buruk
Jika mengalami gejala ini berkonsultasilah dengan dokter. Meningkatkan asupan omega 3 didapat dari mengonsumsi telur, minyak canola, kenari, biji rami, kedelai, biji chia, dan ikan air dingin seperti salmon, trout dan cod.

Selain mengonsumsi makanan tersebut dapat juga memilih kapsul minyak ikan. Mendapatkan cukup omega 3 dapat mengurangi peradangan, mengurangi nyeri sendi, melawan obesitas, mengurangiasma, menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

(Mia/Mel)

http://health.liputan6.com/read/602952/tak-hanya-lansia-pikun-juga-incar-anak-muda