Minggu, 02 Juni 2013

Sulit Ajari Anak Menyikat Gigi? Gunakan Trik Berikut

OKEHEALTH | DETAIL FAMILY HEALTH
Helmi Ade Saputra - Okezone
Minggu, 2 Juni 2013 05:23 wib

detail berita

Sikat gigi anak (Foto: Google)

SANGAT sulit  mengajarkan anak-anak untuk menyikat gigi secara rutin. Meski sudah dilakukan berbagai cara, seringkali tak membuahkan hasil.

Jika Anda juga mengalami kesulitan tersebut, sebaiknya menciptakan kreativitas dalam mengajari mereka menyikat gigi. Berikut tip yang dilansir Femalefirst.dalam mendorong anak untuk menyikat gigi.

Biasakan sikat gigi di keluarga

Anda merupakan panutan anak dalam hal merawat gigi bagi mereka di rumah. Oleh karena itu, mereka perlu melihat Anda melakukannya terlebih dahulu. Lakukan bersama-sama dan anak-anak akan merasa menjadi bagian dari kelompok, yang perlu diingat adalah anak-anak suka meniru dan ini penting dilakukan.

Berikan pujian

Berikanlah pujian ketika anak Anda menyikat gigi. Memberi mereka pujian dengan mengucapkan selamat merupakan cara sederhana dimana setiap kali mereka menyikat gigi mereka diberikan pujian karena telah berkelakuan baik.

Jangan memaksa

Jika mereka menolak, terkadang memang sulit menyuruh anak-anak untuk menyikat gigi, tetapi jangan paksakan mereka. Jika mereka telah belajar sebelumnya, maka mereka akan merasa kurang bila belum menyikat gigi. Mereka akan cenderung menolak jika Anda memaksa menyuruhnya untuk pergi menyikat gigi.

Gunakan mainan sebagai contoh

Menyikat gigi tidak harus menjadi kebiasaan yang membosankan, tetapi bisa juga menyenangkan. Biarkan anak Anda berpura-pura menyikat gigi boneka mereka terlebih dahulu sebagai contoh, dengan begitu akan mengajarkan anak-anak anda untuk berpikir bahwa sikat gigi adalah hal menyenangkan. Setelah itu anak Anda tidak mungkin untuk menolak ketika giliran mereka tiba.

Jelaskan pada mereka pentingnya menyikat gigi

Jika ingin anak Anda menyikat gigi mereka, anak Anda perlu tahu mengapa mereka harus melakukannya. Beritahu mereka tentang kuman yang berkumpul di mulut dapat membuat gigi busuk dan menyebabkan penyakit pada gusi jika mereka tidak menyikat gigi. (ind) (tty)

  • Sulit Ajari Anak Menyikat Gigi? Gunakan Trik Berikut
  • Yang Paling Bahayakan Kesuburan Anda
  • Bayi Alami Cacingan, Jangan Sembarangan Beri Obat
  • Kenali Gejala Cacingan pada Bayi
  • Buah Hati Cacingan atau Tidak? Cek Dulu Fesesnya

http://health.okezone.com/read/2013/05/31/483/815501/sulit-ajari-anak-menyikat-gigi-gunakan-trik-berikut