Kamis, 20 Juni 2013

Sering Pusing di Belakang Kepala, Waspada Kolesterol tinggi!

Sering Pusing di Belakang Kepala, Waspada Kolesterol tinggi!

planodentist.com

Liputan6.com, Jakarta : Apa yang terlintas di pikiran jika mendengar kolesterol? Bisa jadi jawaban yang keluar adalah sesuatu yang negatif dan tak membahayakan khususnya bagi kesehatan.

Menurut Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah RS Jantung Harapan Kita, Dr. H. Aulia Sani, Sp. JP (K) FJCC, FASCC, FICA kolesterol merupakan senyawa lemak yang delapan puluh persen diproduksi di hati. Makanan hanya memengaruhi sekitar dua puluh persen. Kolesterol terbagi menjadi dua yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

"LDL dan HDL memiliki fungsi yang berlawanan. LDL bersifat mudah melekat pada pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan lemak yang terus mengeras (membentuk plak) dan menyumbat pembuluh darah yang disebut dengan aterosklerosis (penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri)," jelasnya.

Sedangkan HDL (kolesterol baik) memiliki efek antiaterogenik yaitu mengangkut kolesterol bebas dari pembuluh darah dan jaringan lain menuju hati selanjutnya mengeluarkannya lewat empedu.

"Maka itu, makanan yang sering disebut penyebab kolesterol seperti seafood, atau jeroan berpengaruh sedikit. Selebihnya Anda harus menjaga fungsi hati. Jika Anda sering mengonsumsi makanan berlemak akan menyebabkan fatty lever (perlemakan di hati) yang bisa menyebabkan kolesterol," katanya

Kalau kolesterol Anda tinggi, kata Aulia, tandanya adalah sering pusing di belakang kepala, tengkuk dan pundak pegal, sering pegal di tangan dan kaki, sering kesemutan di tangan dan kaki dan dada sebelah kiri sakit seperti tertusuk.

(Fit/Abd)

Source : http://health.liputan6.com/read/617317/sering-pusing-di-belakang-kepala-waspada-kolesterol-tinggi