Kamis, 20 Juni 2013

Sering Pakai Riasan Wajah, 'Bahaya' Ini Datang

INILAH.COM,Jakarta - Riasan wajah, atau yang sering disebut kosmetik, memang bisa menambah penampilan wanita menjadi lebih sempurna.

Namun jika digunakan terus menerus, tanpa mempertimbangkan aturannya, kosmetik justru akan memperburuk wajah Anda.

Dilansir Boldsky, berikut beberapa efek samping yang berdampak buruk pemakaian kosmetik.

Alergi

Reaksi alergi sering dialami bagi orang berkulit sensitif. Kulit sensitif rentan dengan beberapa kandungan kosmetik. Biasanya kulit jadi gatal, perih, merah, bengkak dan timbul bintik-bintik.

Seperti kisah Louise Jackson yang alergi terhadap lem bulu mata saat pemasangan extension bulu mata. Mata Louise menjadi perih dan bengkak.

Jerawat

Jerawat muncul pada kondisi wajah berminyak karena disebabkan oleh beberapa kandungan pada make-up. Biasanya menggunakan tata rias bertekstur cair atau creamy (seperti foundation dan concealer) dapat menyebabkan jerawat.

Kekurangan produk kosmetik dengan tekstur tersebut adalah sulit untuk dibersihkan di wajah meskipun sudah membersihkannya dengan sabun. Sisa make-up biasanya masih terperangkap di dalam kulit, sehingga timbul bakteri dan jerawat muncul.

Untuk itu, melakukan facial wajah sebulan sekali sangat penting. Tidak lupa menggunakan masker wajah, minimal seminggu sekali untuk mengangkat kotoran wajah yang terisisa.

Kanker

Kondisi terparah dari pemakaian tata rias adalah kanker. Jika produk make-up yang Anda gunakan mengandung bahan kimia seperti amorphous hydrated silica, maka bahan tersebut harus dikhawatirkan. Kandungan kimia tersebut mengandung crystalline quartz yang terkait kanker.

Penyumbatan pori-pori

Produk kosmetik apapun seperti bedak dan lain sebagainya dipastikan dapat menyumbat pori-pori kulit, oleh sebab itu penggunaan berlebih atau terlalu sering kita menggunakan produk tersebut dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori.

Jika hal ini terus berlangsung dalam waktu lama maka kemungkinan munculnya jerawat pada wajah kita akan semakin besar. Salah satu cara untuk menghindari bahaya tersebut adalah dengan mengurangi intensitas pemakaian dan tidak terlalu lama menggunakannya.

Picu penuaan dini

Menutupi kulit dengan makeup tertentu dapat menyebabkan kulit tidak mampu bernafas dan menerima oksigen, selain kedua hal tersebut, kulit juga akan kehilangan kelembaban alaminya.

Kehilangan kelembaban pada kulit bukan sesuatu yang dapat anda anggap enteng, karena hal ini dapat memicu munculnya kerutan-kerutan pada wajah.

Untuk menghindari munculnya penuaan dini maka gunakan makeup seperlunya saja, jangan terlalu sering memakainya karena akan meningkatkan resiko kita terhadap penuaan dini. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2001799/sering-pakai-riasan-wajah-bahaya-ini-datang