Sabtu, 29 Juni 2013

Sayuran dan Kacang-kacangan Cegah Jantung Koroner

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa magnesium dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Peneliti menganalisis informasi dari 313.041 pasien di Amerika Serikat dan Eropa untuk menentukan hubungan antara kadar magnesium dan kesehatan jantung.

Mereka berfokus pada kejadian penyakit jantung koroner (PJK), penyakit jantung koroner yang fatal, dan penyakit kardiovaskular (CVD). PJK mengacu pada penumpukan plak di arteri. Sementara CVD mengacu pada kategori yang lebih luas yang mempengaruhi jantung dan pembuluh, termasuk di ginjal.

Hasilnya, seperti diungkap dalam situs Women's Health Magazine Jumat, 21 Juni 2013, pasien yang mengonsumsi  200 mg magnesium per hari dapat menurunkan risiko PJK sebesar 22 persen. Namun, risiko CVD, bagaimanapun, tampaknya tidak terpengaruh oleh peningkatan asupan magnesium.

Magnesium meningkatkan kesehatan jantung dengan mengatur endothelium, yakni lapisan tipis sel-sel yang membantu mengontrol pelebaran pembuluh darah. Jika endotelium tidak menerima cukup magnesium, pembuluh darah menyempit. Ini dapat menyebabkan aliran darah melambat atau bahkan berhenti.

Sayangnya, para peneliti menemukan bahwa kebanyakan wanita tidak mendapatkan cukup magnesium. Para wanita dalam penelitian ini, hanya mengonsumsi 261 mg magnesium per hari. Padahal, wanita direkomendasikan untuk mengonsumsi 320 mg per hari.

Meskipun asupan magnesium diperlukan, ini bukan berarti bisa didapat dari suplemen kalsium (dengan bahan kimia). Sebaiknya, asupan magnesium diperoleh dari biji-bijian, sayuran (terutama sayuran berdaun hijau), dan kacang-kacangan.

WOMEN'S HEALTH MAGAZINE | ANINGTIAS JATMIKA

Terhangat:
Ribut Kabut Asap| PKS Didepak?| Persija vs Persib| Penyaluran BLSM| Eksekutor Cebongan

Baca Juga:
SBY dan Ronaldo Saling Follow di Twitter
Heboh Bayi Berkepala Dua di Majenang, Cilacap
Ilmuwan Temukan Tiga Planet Layak Huni
Implan Payudara Wanita Pecah Saat Bermain iPhone

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/28/060491904/Sayuran-dan-Kacang-kacangan-Cegah-Jantung-Koroner