Selasa, 11 Juni 2013

Saat Masa Remaja, Otak "Sosial" Manusia Terus Produksi Sel Baru

Saat Masa Remaja, Otak

buzzhealthy.com

Liputan6.com, London : Para ilmuwan menemukan, otak terus mengembangkan pembentukan sel-sel baru selama masa pubertas berlangsung saat remaja. Momen ini dipercaya dapat membantu otak menavigasi dunia sosial remaja saat usia dewasa.

Para peneliti di Michigan State University, Amerika Serikat menemukan, otak hewan mamalia mengembangkan sel-sel baru di amigdala selama masa remajanya.

Amigdala merupakan bagian otak yang berperan dalam melakukan pengolahan dan ingatan terhadap reaksi emosi. Amigdala memainkan peran penting dalam membentuk otak dalam memahami kehidupan sosial.

Para peneliti percaya, sel-sel baru itu dapat membantu orang menemukan tambatan hatinya.

"Daerah ini penting dalam perilaku sosial, terutama tingkah laku manusia dalam berelasi," kata seorang seorang pemimpin penelitian sekaligus seorang mahasiswa tingkat doktoral dalam ilmu saraf, Maggie Mohr, seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (11/6/2013).

"Jadi, kami pikir mungkin sel yang ditambahkan ke bagian-bagian otak selama masa pubertas, penting untuk fungsi reproduksinya di usia dewasa," tambahnya

Untuk menguji ide ini, para peneliti menyuntikkan hamster jantan dengan penanda kimia untuk menunjukkan kelahiran sel selama masa pubertas. Ketika hamster menjadi dewasa, para peneliti dengan mudah menjadikan hamster jantan berinteraksi dan kawin dengan hamster betina.

Pemeriksaan otak pun segera dilakukan setelah pertemuan itu. Para peneliti menemukan adanya sel-sel baru lahir selama masa pubertas, telah ditambahkan ke amigdala dan daerah lainnya yang terkait.

Para ilmuwan sebelumnya telah percaya, bahwa manusia dilahirkan dengan segala sel-sel otak yang pernah ada dalam setiap bagian otaknya, kecuali yang berhubungan dengan bau dan memori.

(Adt/Abd)

Source : http://health.liputan6.com/read/609571/saat-masa-remaja-otak-sosial-manusia-terus-produksi-sel-baru