Minggu, 16 Juni 2013

ROR 1, Protein yang Ampuh Hentikan Penyebaran Sel Kanker

DUNIA medis boleh berbangga hati. Pasalnya, obat untuk mengatasi penyebaran sel kanker kini telah ditemukan.

Dalam Journal Cancer Research, selain menemukan beberapa jenis kanker yang mampu menyebar lebih cepat, peneliti juga menemukan obat untuk mengatasinya. Mereka berhasil mengidentifikasi protein yang berfungsi mengatur penyebaran kanker, dari tumor primer ke organ lain atau biasa disebut metastasis. Namun, protein tersebut belum bisa digunakan untuk memusnahkan sel kanker yang belum terbentuk menjadi tumor.

"Protein ini secara signifikan bisa mematikan penyebaran sel kanker. Dan kita sudah berhasil memusnahkan sebagian besar sel kanker dari tubuh seseorang," kata Dr Thomas Kipps, Evelyn dan Edwin Täsch Chair.

Tak hanya sebatas itu, protein ini juga dapat berfungsi pada berbagai jenis kanker seperti payudara, ovarium, dan prostat.

Protein yang disebut reseptor-tirosin-kinase, Orphan Receptor 1 atau ROR1 ini, sudah melewati proses yang dikenal sebagai transisi mesenchymal epitel (EMT). ROR 1 terbukti mampu menghentikan sel kanker agar tidak menyebar ke organ lain.

"Ini adalah protein yang bisa mengatasi kanker dari akarnya. Selain mampu mengikat protein lain di luar sel kanker, ROR 1 juga memiliki kemampuan untuk mengikat embrio sel kanker," ungkap Kipps.

"Setengah dari itu menempel di luar sel, dan setengah di dalam sel. Bentuknya ini seperti memiliki antena berita, dan kemudian Anda memiliki pemancar di bawah permukaan. Sehingga dari pemancar itu, dia seolah akan menyampaikan sinyal atau pesan penting pada sel kanker untuk  menyuruh sel kanker segera pindah," sambungnya.

Dalam serangkaian percobaan laboratorium, Kipps dan timnya menemukan, pemberian dosis tinggi ROR berhasil mengatasi penyebaran metastasis sel-sel kanker melalui model hewan.

"Dengan kata lain, sel-sel kanker menjadi lebih rapuh, dan tidak akan tumbuh," tutupnya. (Fik) (tty)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/16/482/822718/ror-1-protein-yang-ampuh-hentikan-penyebaran-sel-kanker