Sabtu, 15 Juni 2013

PMI: Donor Darah Baiknya Tiap 3 Bulan Sekali

TEMPO.CO, Jakarta - Perwakilan Palang Merah Indonesia, dr Farid Husein mengatakan kegiatan donor darah sebaiknya dilakukan secara teratur. "Bagusnya itu, donor darah setiap tiga bulan sekali," katanya di acara 'A Drop for Hopes-22 Kebaikan Donor Darah yang diadakan Tupperware di Semanggi, Jakarta pada Jumat 14 Juni 2013.

Menurutnya tiga bulan adalah waktu yang cukup untuk seorang pendonor menumbuhkan darah baru. "Itu ibarat pucuk yang selama tiga bulan udah tumbuh lagi setelah dipetik," kata Farid menganalogikan.

Farid juga mengatakan sebenarnya, donor darah itu memiliki segundang manfaat baik bagi kesehatan si pendonor. "Setelah didonor, nanti kan darahnya tumbuh baru terus di tubuh," katanya.

Tupperware bekerja sama dengan PMI menyelenggarakan acara donor darah di 22 kota di Indonesia. Kegiatan itu sekaligus untuk memperingati hari donor darah Internasional yang jatuh pada Jumat, 14 Juni 2013.

Terdapat 22 manfaat baik yang dapat diambil dari kegiatan donor darah. Manfaat pertama, dengan donor darah, orang akan mengetahui golongan darahnya dengan tepat. Lalu para pendonor dapat pula memeriksakan kesehatan secara teratur karena setiap akan didonor, darahnya akan diperiksa terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

Pemeriksaan hemoglobin sebelum melakukan donor dapat membuat si pendonor menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh. Manfaat lain dengan memeriksakan kondisi darah sebelum mendonor, bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan menurunkan resiko terkena stroke.

Selanjutnya, donor darah dapat membakar kalori dalam tubuh, membantu mendeteksi masalah kesehatan, menurunkan resiko kanker dan mengontrol tekanan darah. Pendonor juga bisa menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah. Pemeriksaan darah pun bisa membantu penurunan berat tubuh, mendapatkan kesehatan psikologis, menjaga kesehatan sistem peredaran darah.

Lalu bisa pula meningkatkan fungsi paru-paru dan ginjal, membuat hidup lebih bahagia, membantu sesama. Donor juga dapat menyehatkan tubuh, memperkaya cadangan darah yang dibutuhkan , menyegarkan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

MITRA TARIGAN

Topik terhangat:
Produk Baru Apple | Mucikari SMP | Taufiq Kiemas | Rusuh KJRI Jeddah

Berita lainnya:
Briptu Rani Muncul di Televisi, Polda Jatim Berang 
Cuci Gudang Ponsel hingga 90 Persen di ICS 2013
Jokowi: PRJ di Monas Itu Pesta Rakyat Jakarta
Foto Masa Kecilnya, Dena Rachman: Itu Bukan Aku

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/15/060488463/PMI-Donor-Darah-Baiknya-Tiap-3-Bulan-Sekali